Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya di Utara, Aurora Juga Bisa Disaksikan di Bumi Selatan

Memang aurora terkesan lebih terkenal di belahan bumi utara. Hal itu karena ada lebih banyak daratan di belahan bumi utara yang mana aurora bisa disaksikan. Sayangnya, musim aurora utara tahun ini sudah hampir berakhir di penghujung Maret 2019 ini.

Bagi mereka yang ingin menyaksikan aurora tahun ini, keinginan itu belum sepenuhnya kandas. Hal itu karena ternyata aurora tidak hanya ada di belahan bumi utara saja, melainkan turut menghiasi langit malam belahan bumi selatan.

Jika aurora utara dinamakan aurora borealis, maka aurora selatan memiliki nama aurora australis. Mungkin nama kedua itu kurang populer bagi masyarakat dunia. Kabar baiknya, musim aurora di bumi belahan selatan baru dimulai.

Tempat Terbaik Menyaksikan Aurora Selatan

Salah satu tempat yang paling jelas untuk menyaksikan aurora selatan adalah Antartika. Namun tentu saja hanya sedikit orang yang mau berkunjung ke tempat ekstrem itu hanya untuk menyaksikan aurora.

Masih banyak pilihan tempat lain untuk menyaksikan aurora. Pulau Stewart yang berada di ujung Selandia Baru menjadi satu tempat terbaik untuk menyaksikan aurora selatan. Pulau berpenduduk jarang ini minim polusi cahaya sehingga aurora tampak lebih jelas.

Selain di Selandia Baru, Kepulauan Falkland yang terletak sekitar 643 kilometer lepas pantai timur Argentina ini juga merupakan tempat paling pas menyaksikan aurora selatan. Andai aurora tidak muncul, masih banyak atraksi lain seperti kumpulan anjing laut yang begitu banyak.

Bahkan ketika aktivitas matahari sedang kuat-kuatnya seperti pada tahun 2015 silam, ada yang mengatakan jika aurora turut terlihat di utara Uluru dan Brisbane.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/28/140300927/tak-hanya-di-utara-aurora-juga-bisa-disaksikan-di-bumi-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke