Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiket Pesawat Mahal, Mengapa Tidak Coba "Road Trip"?

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga tiket pesawat yang melambung tinggi dapat diakali dengan memilih alternatif transportasi lain. Mobil menjadi andalan untuk wisata jalur darat atau road trip.

Road trip sendiri punya banyak kelebihan saat berwisata, tetapi tentunya juga ada sisi negatif yang sebagian orang dianggap sebagai kerugian. Berikut ini adalah plus dan minus berwisata via jalur darat, siapa tahu dapat jadi pertimbangan untuk liburan berikutnya.

Keuntungan Road Trip

1. Fleksibel

Salah satu keuntungan yang paling dirasa saat road trip adalah keleluasaan. Anda dapat berhenti kapan saja, berkunjung ke mana saja, dan membawa barang apa saja. Ini yang sulit didapat saat menumpang transportasi umum.

2. Pemandangan yang Lebih Indah

Keuntungan lain road trip adalah bisa meresapi pemandangan selama perjalanan. Pengunungan teh, pantai, desa tradisional, matahari terbit dan terbenam, serta taburan bintang di langit malam, semua bisa dilihat saat menjalani road trip. Apalagi Anda bisa mengatur kecepatan laju mobil untuk menikmati pemandangan ini.

3. Lebih Hemat

Jika Anda bepergian bersama teman-teman, maka bujet pengeluaran untuk bahan bakar kendaraan, akomodasi penginapan, dan makan bisa dibagi rata. Bahkan di luar negeri banyak kendaraan yang dimodifikasi untuk dijadikan akomodasi sekaligus, sehingga dapat banyak menghemat biaya.

4. Lebih Dekat dengan Penumpang Lain

Road trip bersama keluarga atau teman memiliki keunggulan yakni lebih mendekatkan. Sebab banyak waktu dihabiskan di mobil, orang-orang cenderung tidak sibuk bermain handphone saat di kendaraan bergerak.

Waktu road trip dapat menjadi waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Dijamin membuat perjalanan kian berkesan.

Kekurangan Road Trip

1. Melelahkan

Jika dibanding menumpang transportasi lain, jelas road trip lebih melelahkan. Sebab banyak waktu dihabiskan di jalan. Kondisi jalan juga berpengaruh pada kondisi tubuh. Jadi pastikan untuk melakukan road trip dalam kondisi tubuh yang prima.

2. Kondisi Jalan yang Menantang

Road trip sejatinya menyenangkan saat kondisi jalan mulus dan tidak ada hambatan lalu lintas. Untuk itu pastikan melaksanakan road trip tidak pada musim liburan. Pilihan lain adalah bijak memilih destinasi dan rute perjalanan.

3. Biaya Tidak Terduga

Selama perjalanan bisa jadi ada biaya tak terduga, terutama jika terjadi kerusakan pada mobil. Pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum bepergian jarak jauh dan patuhi selalu peraturan lalu lintas selama bepergian.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/28/200900627/tiket-pesawat-mahal-mengapa-tidak-coba-road-trip-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke