Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ke Vietnam, Jajal Kereta Gantung di Ba Na Hills yang Memukau

KOMPAS.com – Vietnam merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang bisa menjadi tujuan alternatif untuk liburan ke luar negeri. Ada banyak atraksi wisata yang bisa didapatkan di sana.

Menjajal naik kereta gantung Ba Na Hills merupakan satu aktivitas wisata yang tidak boleh sampai dilewatkan saat berkunjung ke Vietnam. Ini merupakan salah satu terbaik untuk menikmati keindahan panorama spektakuler di sana.

Kereta gantung Ba Na Hills berada di Da Nang. Kereta ini akan membawa penumpang dari bawah menuju kawasan pergunungan. Perpaduan teknologi Australia dan peralatan yang diimpor dari Jerman, swiss, dan Swedia membuat kereta gantung ini aman untuk dinaiki.

Pada dasarnya, kereta gantung Ba Na Hills serupa dengan kereta gantung yang bisa ditemukan di wilayah Alpen. Oleh karena itu, wisatawan asal Indonesia bisa menikmati kereta gantung tanpa harus jauh-jauh pergi ke Benua Eropa.

Masuk daftar Guinness World Records

Satu hal yang spesial dari Kereta Gantung Ba Na Hills adalah keberhasilannya dalam mencatatkan namanya ke dalam daftar Guiness World Records.

Kereta gantung ini memiliki jarak terpanjang di dunia dalam segmen kereta gantung single track non-stop. Selain itu, rekor juga dicatatkan karena kabel yang paling berat dan perubahan ketinggian yang paling besar dari bawah sampai ke atas.

Ada dua jalur kereta gantung yang berangkat dari Sun World Ba Na Hills Gateway. Titik keberangkatan ini berjarak sekitar 25 kilometer dari Jemtan naga yang berada di pusat Kota Da Nang.

Cara termudah untuk mencapai titik keberangkatan ini adalah naik taksi. Harga bisa dinegosiasikan antara Rp 311.000 sampai Rp 560.000. Sementara mobil pribadi bisa memakan biaya hingga sekitar Rp 750.000.

Jarak dari pusat Kota Da Nang adalah kurang-lebih 45 menit. Harga tiket pulang-pergi naik kereta gantung ini adalah sekitar Rp 410.000 untuk dewasa, Rp 340.000 untuk anak-anak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, sementara anak-anak di bawah 1 meter gratis.

Dua jalur kereta gantung

Ada dua jalur kereta gantung Ba Na Hills yang berangkat dari titik keberangkatan Sun World Ba Na Hills Garteway. Jalur pertama adalah Stasiun Dream Spring dan Stasiun Toc Tien.

Jalur pertama yakni Stasiun Dream Spring-Stasiun Ba Na juga dikenal sebagai jalur Mo Stream-Ba Na. Jalur ini bisa digunakan pengunjung yang ingin berkunjung ke patung Buddha raksasa dan Pagoda Linh Ung yang terkenal.

Jalur kedua adalah Stasiun Toc Lien ke Stasiun L’Indochine. Jalur ini paling pas bagi mereka yang hanya ingin naik kereta gantung Ba Na Hills. Jalur inilah yang masuk dalam daftar Guinness World Record.

Perjalanan di jalur ini memakan waktu sekitar 17 menit. Selain itu, perjalanan juga akan melintasi air terjun Toc Tien yang begitu indah.

Satu hal yang harus diperhatikan jika akan naik kereta gantung ini adalah memakai jaket hangat. Puncak pergunungan bisa terasa dingin, terutama di bulan-bulan musim dingin seperti Desember.

Periksa pula kondisi cuaca sebelum berangkat. Jika hujan atau mendung, maka bisa jadi panorama sekitar akan terhalang kabut tebal. Perjalanan paling pas dilakukan ketika cuaca cerah.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/12/191100027/ke-vietnam-jajal-kereta-gantung-di-ba-na-hills-yang-memukau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke