Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak Tips Liburan Keluarga Nan Edukatif ala “The Baldys”

KOMPAS.com – The Baldys adalah sebutan untuk keluarga pasangan selebritis Baldy dan Nola B3, serta ketiga anaknya yang bernama Naura, Neona, dan Bevan.

Tak hanya karena keluarga artis, The Baldys juga populer karena kekompakannya saat melakukan liburan keluarga atau family trip ke sejumlah tempat di dalam maupun luar negeri. Berbagai momen kebersamaan tersebut kerap dibagikan dalam akun instagram keluarga @thebaldys.

Menurut Baldy, liburan bersama keluarga bukan semata-mata aktivitas yang sengaja dibuat untuk menghabiskan waktu liburan dan menghamburkan banyak biaya. Baginya, family trip juga memiliki banyak fungsi edukatif bagi anak-anak asal dilakukan dengan benar.

Berikut ini tips family trip nan edukatif menurut The Baldys.

Proses persiapan

Baldy menyebut, nilai edukatif dalam sebuah perjalanan bahkan dimulai dari proses persiapan. Menurutnya, pergi berlibur dengan tiga orang anak dengan barang yang tentunya akan sangat banyak menjadi tantangan tersendiri.

“Bawa anak kan ribet, banyak bawaan. Tapi sebelum berangkat aku udah bikin komitmen bahwa mereka udah mulai gede, harus urus barangnya sendiri. Nanti dari packing itu mamanya melengkapi. Tapi mereka yang menyiapkan apa yang memang mereka butuhkan,” ujar Baldys saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Kamis (11/4/2019).

Menurutnya, hal ini juga akan mengajarkan sikap tanggung jawab kepada anak. Mereka juga akan dibiasakan untuk mempelajari teknik mengemas barang yang efektif, sehingga tak akan canggung lagi jika suatu saat harus menjalani solo traveling.

“Jadi nanti di jalan enggak ada ceritanya mereka protes, Ma aku kok enggak dibawain topi sih dan sebagainya. Jadi ngajari mereka mencatat barang –barang apa aja yang memang mereka butuhkan dalam perjalanan. Sekarang mereka sudah mulai terbiasa dan bahkan membantu aku kalau bawa koper besar,” paparnya.

Menyusun itinerary

Baldy melanjutkan, menyusun itinerary atau renana perjalanan juga merupakan hal yang penting. Menurutnya, perlu dilakukan diskusi bersama keluarga mengenai lokasi-lokasi mana saja yang ingin dikunjungi dan bagaimana akses menuju ke lokasi itu.

Menurutnya, berlibur bersama keluarga tantangannya lebih beragam.

“Kan kita enggak liburan sendiri, masing-masing anggota keluarga punya selera yang mungkin enggak sama. Jadi penting untuk disusun dengan matang rencana perjalanannya,” tuturnya.

Tak hanya itu, menurutnya perlu juga kerjasama antar anggota keluarga untuk meneliti kondisi lokasi tujuan sehingga dapat mempersiapkan berbagai perlengkapan dengan matang.

“Karena aku salah satu yang enggak terlalu suka pakai tour and travel. Jadi belajar nentuin destinasi, terus cari tau kondisi di sana, apa aja yang harus dibawa,” kata dia.

Berbaur dengan masyarakat lokal

Sesampainya di tempat tujuan, Baldy selalu mengajarkan kepada keluarganya untuk dapat berbaur dan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

“Kalau mereka mau beli makan ya aku suruh ngomong sendiri pakai Bahasa Inggris kalau di luar (luar negeri). Mau makan apa rasa apa harganya berapa, mereka harus berani,” tuturnya.

Selain melatih anak untuk berani, hal ini juga dapat bermanfaat untuk menghemat budget perjalanan.

“Jadi aku selalu minta anakku untuk cari tau lokasi-lokasi apa aja yang menarik, lalu nanti bisa tanya lokasi itu ke masyarakat lokal atau kita hire dia untuk mendampingi. Jadi enggak usah yang sengaja pakai jasa guide,” tuturnya.

Bijak gunakan gadget

Baldy melanjutkan, bijak dalam menggunakan gadget  juga jadi penentu berhasilnya sebuah liburan keluarga. Karena melalui sambungan internet, kita bisa mengetahui banyak informasi seputar perjalanan kita.

“Jadi gadget itu buat cari info bukan buat games, tapi jadi mengajarkan mereka jadi kreatif. Makanan apa yang enak, local brand-nya apa yang bisa jadi oleh-oleh, nanti mereka akan browsing  dengan gadget-nya,” tuturnya.

Menurutnya, meski berguna untuk mencari informasi, penggunaan gadget  juga harus dibatasi selama perjalanan bersama keluarga.

“Kalau habis cari info ya gadget  disimpen. Nikmati waktu bersama keluarga dengan berbincang. Jadi enggak sibuk di gadget masing-masing,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/12/211100827/simak-tips-liburan-keluarga-nan-edukatif-ala-the-baldys-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke