Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Gola su Gorropu, Grand Canyon-nya Benua Eropa

Benua Eropa ternyata juga memiliki ngarai besar. Salah satu ngarai besar yang terkenal adalah Gola su Gorropu. Ngarai ini berada di Negara Italia, tepatnya di pulau terbesar kedua di Laut Mediterania, Sardinia.

Gola su Gorropu bahkan merupakan ngarai terdalam di Benua Eropa. Wisatawan yang berkunjung ke sana akan tampak begitu kecil saat berhadapan dengan dinding batu raksasa yang menjulang setinggi kurang-lebih 400 meter.

Dari kejauhan, ngarai ini seolah tampak terpotong dengan begitu rapi oleh gergaji besi. Potongan itu membelah batuan kapur Supramonte raksasa yang mendominasi bagian timur Pulau Sardinia.

Fenomena alam yang sama dengan Grand Canyon

Proses terjadinya ngarai Gola su Gorropu serupa dengan Grand Canyon. Jika Grand Canyon terbentuk karena aliran Sungai Colorado yang perlahan mengikis batuan sampai akhirnya menjadi ngarai, aliran Sungai Flumineddu-lah yang membentuk Gola su Gorropu.

Namun, berbeda dengan Sungai Colorado yang masih terlihat jelas di dasar Grand Canyon. Sungai Flumineddu mengalir di bawah tanah sehingga dasar ngarai bisa digunakan untuk penjelajahan dengan berjalan kaki.

Ngarai Gola si Gorropu paling pas bagi para pencinta petualangan. Obyek wisata di Benua Biru ini juga paling pas bagi mereka yang menyukai wisata alam dan ingin menyaksikan pesona ngarai nan mengumkan.

Melihat bintang di siang hari

Ketika berada di dasar ngarai Gola si Gorropu dan menghadap ke atas, langit seolah dihimpit oleh dua celah batuan yang menjulang tinggi. Hal itu menjadi asal muasal cerita rakyat setempat yang mengatakan jika bintang bisa terlihat di siang hari dari dasar ngarai.

Cerita rakyat ini mirip dengan apa yang dikatakan masyarakat di Indonesia. Bedanya, di Tanah Air diceritakan jika bintang bisa dilihat di siang hari dari dasar sumur.

Selain cerita tentang bintang yang bisa dilihat di siang hari, ada kisah leganda menarik di Ngarai Gola si Gorropu ini. Konon ada makhluk jahat yang merayap keluar dari ngarai di malam hari dan menculik manusia dan hewan.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/13/070500627/mengenal-gola-su-gorropu-grand-canyon-nya-benua-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke