Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Penting saat Mengunjungi Pulau Tawale di Halmahera Selatan

Tawale memiliki beberapa sebaran pulau-pulau kecil beserta hutan hijau di sekelilingnya. Air lautnya terlihat jernih sehingga aneka biota laut seperti ikan dan terumbu karang bisa terlihat dengan jelas, bahkan dengan mata telanjang.

Namun, ada yang perlu diperhatikan ketika ingin mengunjungi Pulau Tawale. Berikut tips dari Ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Maluku Utara, Opan Jacky:

1. Siapkan peralatan kemah

Ketika mengunjungi obyek wisata alam, menyiapkan peralatan kemah tentu sangat penting. Selain sebagai tempat berteduh, peralatan kemah juga bermanfaat untuk melindungi diri dari serangan hewan liar.

Di Pulau Tawale tidak terdapat penginapan, hotel, maupun homestay lantaran belum tersentuh sama sekali oleh manusia. Karenanya, pengunjung perlu menyiapkan perkemahan sederhana untuk bermalam di sana.

Jangan lupa pelajari berbagai jenis peralatan kemah tersebut agar bisa digunakan dengan baik dan benar.

2. Bawa logistik secukupnya

Membawa logistik terlalu banyak tentu sangat merepotkan wisatawan ketika mengunjungi destinasi wisata bahari. Terlalu sedikit juga kurang baik karena wisatawan barangkali memiliki kebutuhan tambahan yang tak bisa dikesampingkan.

Oleh karena itu, bawalah logistik secukupnya, jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Di pulau Tawale tidak ada warung dan rumah makan. Oleh karena itu, pilah beberapa logistik yang penting dan kurang penting, lalu bawa secukupnya ketika memulai perjalanan ke Pulau Tawale.

3. Menyewa speedboat

Akses masuk ke Pulau Tawale terbilang mudah. Tak ada hambatan berarti seperti perizinan ataupun regulasi yang menghambat wisatawan menyeberang ke sana. Namun, perlu moda transportasi agar wisatawan bisa ke pulau dengan aman dan nyaman.

Di Pulau Bacan, terdapat beberapa penyewa yang menjajakan speedboat untuk menyebrang ke Pulau Tawale. Jika belum mahir mengendarai speedboat, pengunjung cukup duduk di speedboat.

4. Bawa sampah kembali

Setelah puas bermalam dan melakukan kegiatan wisata di Pulau Tawale, jangan lupa membawa sampah logistik ke luar pulau. Hal ini berlaku untuk kunjungan ke seluruh tempat wisata.

Selalu bawa kantung sampah sesuai kebutuhan untuk menampung bekas makanan, peralatan mandi, dan lain sebagainya.

“Ingat jaga selalu alam. Jangan lupa membawa sampah Anda kembali. Biar Tawale tetap terawat," pesan Opan.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/18/160500127/4-tips-penting-saat-mengunjungi-pulau-tawale-di-halmahera-selatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke