Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapal Nabi Nuh Adalah Pulau Maria di Australia?

KOMPAS.com – Dahulu kala, dikisahkan jika Nabi Nuh beserta pengikutnya membangun sebuah kapal besar. Mereka kemudian menyelamatkan diri dari banjir besar, sementara orang-orang yang menentang Nabi Nuh binasa.

Saat berlayar untuk menghindari bencana banjir besar, kapal Nabi Nuh tidak hanya mengangkut manusia. Ada berbagai satwa yang juga diangkut di dalam kapal itu agar tidak binasa. Hal itu membuat kapal Nabi Nuh dipenuhi oleh aneka jenis satwa.

Kini ada beberapa lokasi di seluruh yang diperkirakan merupakan tempat kapal Nabi Nuh berlabuh. Namun di Benua Australia, ada satu tempat yang mendapat julukan sebagai “Kapal Nabi Nuh”.

Tempat itu adalah Pulau Maria yang berada di Negara Bagian Tasmania. Meski mendapat julukan demikian, pulau ini sebenarnya tidak memiliki ikatan sejarah dengan kisah kapal Nabi Nuh.

Mengapa dijuluki Kapal Nabi Nuh?

Jika tidak memiliki ikatan sejarah dengan kisah Kapal Nabi Nuh, lantas mengapa Pulau Maria mendapat julukan demikian?

Ternyata julukan itu diberikan kepada pulau seluas 115 kilometer persegi yang berada di kawasan Taman Nasional Pulau Maria karena keragaman satwanya. Pulau ini cukup terisolasi sehingga memungkinkan banyak satwa untuk berkembang biak di sana.

Ada sekitar 125 spesies burung, termasuk 11 dari 12 burung endemik Tasmania yang bisa ditemukan di Pulau Maria. Salah satu burung yang paling unik di Pulau Maria adalah pardalote berbintik empat puluh.

Pulau Maria juga sering dikunjungi anjing laut berbulu Australia, lumba-lumba hidung botol dan paus yang bermigrasi. Sementara itu, kebanyakan hewan di Pulau Maria adalah satwa asli Tasmania.

Pulau ini mulai dikenal sebagai Kapal Nabi Buh pada tahun 1960-an ketika berbagai spesies Australia yang terancam punah dikenalkan di pulau tersebut untuk melindungi mereka dari kepunahan.

Kini jika berkunjung ke Pulau Maria, pengunjung bisa menjumpai wombat, kanguru forester (abu-abu timur), angsa Tanjung Barren, rusa bera, walabi, bannetts, penguin peri di Haunted Bay, pademelon Tasmania, possim ekor cincin, ekidna paruh pendek, dan tiga spesies ular.

Ada pula satwa khas Australia lain di Pulau Maria, yakni Tasmania devil (setan Tasmania). Hewan ini mulai diperkenalkan di pulau ini pada tahun 2012 silam. Hal itu dilakukan untuk melindungi spesies Tasmania devil yang mulai terancam punah.

Kekayaan satwa di Pulau Maria dan fungsinya sebagai habitat serta tempat perlindungan aneka hewan yang terancam punah itu menjadi asal mengapa pulau ini mendapat julukan sebagai Kapal Nabi Nuh.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/24/161000827/kapal-nabi-nuh-adalah-pulau-maria-di-australia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke