Salin Artikel

Labuan Bajo Diminta Perhatikan Daya Tampung Wisatawan

Hal tersebut untuk mendukung pengembangan sustainable tourism guna menjaga kelestarian dalam konsep pariwisata berkelanjutan.

"Dalam pariwisata, ‘carrying capacity’ didefinisikan sebagai jumlah maksimal pengunjung di suatu lokasi pariwisata tanpa memberikan dampak buruk untuk lingkungan, sosial budaya dari tempat yang dikunjungi yang juga berdampak pada rasa kepuasan pengunjung,” ujar Valerina beberapa waktu lalu.

Selain menjaga pengembangan sustainable tourism tetap berjalan, pembatasan ini juga dapat memelihara ekosistem yang ada di sana, salah satunya Taman Nasional Komodo.

“Contoh bila banyak diver yang menyelam di Manta point malah membuat ikan pari merasa terganggu. Bahkan bisa menyerang kita,” ujar Valerina.

Diketahui, Labuan Bajo ditetapkan menjadi 10 destinasi prioritas pariwisata yang kerap didatangi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Para tokoh dan selebriti internasional seperti Gwyneth Paltrow, juara dunia MotoGP 2010 Jorge Lorenzo, bintang sepakbola Manchester United Chris Smalling, hingga pesepak bola dunia Marcos Llorente dan Arjen Robben pernah mengunjungi Labuan Bajo untuk berlibur.

Selain itu, Labuan Bajo dinobatkan oleh CNN International Travel sebagai destinasi peringkat dua “snorkel site” terbaik dunia setelah Raja Ampat, mengalahkan Kepulauan Galapagos di Ekuador.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/26/200600327/labuan-bajo-diminta-perhatikan-daya-tampung-wisatawan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.