Salin Artikel

Kuota Pendakian Gunung Merbabu Dibatasi

“Kuota (pendakian Gunung Merbabu) dalam sehari tidak boleh lebih dari 1.000 pendaki. Ini jumlah yang berada di gunung, jadi termasuk yang sedang mendaki dan yang sedang turun,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/4/2019).

Ia mengatakan kuota tersebut ditentukan berdasarkan kajian yang dilakukan berbagai pihak. “Jadi kuotanya sekitar 1.000, tapi ada angka persisnya dari kajian itu ya,” lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk memastikan jumlah pendaki tak lebih dari 1.000 orang, mulai, Kamis (25/4/2019) pendaki diharuskan melakukan booking online sebelum melakukan pendakian Gunung Merbabu. Johan mengatakan pemberlakuan aturan baru ini mrupakan tahap uji coba demi ketertiban pendakian di Gunung Merbabu.

“Booking online itu adalah menejemen pendaftaran secara online untuk mendata pendaki dalam hal pengaturan kuota pendaki,” ujarnya ketika dihubungi Kompas.com.

Johan mengatakan, booking online ini dapat dilakukan melalui website resmi BTNGMB http://www.tngunungmerbabu.org. Selain melalui website, pihaknya juga telah menyiapkan aplikasi booking dan akan segera diuji coba.

Menurutnya langkah ini diharapkan dapat digunakan sebagai pemantau dan pengaturan jumlah pendaki yang naik dan turun gunung sehingga tak terjadi penumpukan pendaki dan kendala pendakian seperti yang viral di media sosial baru-baru ini.

Tak hanya itu, melalui kebijakan ini Johan berharap dapat menghimpun data lengkap pendaki dan rombongannya sehingga dapat memudahkan proses evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Jadi kalau yang di booking online itu data intinya adalah siapa yang berangkat dan berapa orang  dan kapan naik dan turunnya, nomor identitas, dan nomor kontak person yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat. Kalau ngisi di rumah kan dia punya banyak waktu,” katanya.

Masalah kepadatan pendakian di Gunung Merbabu ini tengah menjadi sorotan. Telah diberitakan sebelumnya, kepadatan pendakian sempat terjadi di Gunung Merbabu. Video yang menunjukkan kepadatan jalur pendakian dibagikan pemilik akun instagram @riaaanpostman pada Minggu (21/4/2019).

Dalam video tersebut tampak jalur pendakian yang penuh sesak oleh para pendaki. Banyaknya pendaki membuat pergerakan pendaki saat turun dan naik gunung nyaris terhenti. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/29/080600427/kuota-pendakian-gunung-merbabu-dibatasi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.