Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuningan Kembangkan Wisata Alam dan Kesenian Daerah

Sebagai langkah pertama, Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat memproyeksikan pembangunan infrastruktur untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan.

"Kami akan mengembangkan wisata alam. Rencananya kami akan membangun sebuah jembatan yang kalau kita berjalan di atasnya, kita seolah berjalan di atas air," kata Acep dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (29/4/2019).

Selain itu, alat musik khas Jawa Barat seperti angklung dan calung juga turut menjadi bagian dalam pengembangan pariwisata ini.

Pemkab Kuningan telah mempersiapkan pementasan calung akbar yang akan dimainkan oleh remaja putri sebagai bentuk realisasi. Atraksi budaya tersebut diharapkan bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kuningan.

"Lembaga pendidikan di Kuningan akan kami dorong untuk mendidik para pelajar untuk bisa memainkan alat musik khas Jawa Barat, termasuk angklung," kata Acep.

Menurut Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Anang Sutono, Kabupaten Kuningan unggul secara akses karena dekat dengan Bandung dan Bandara Internasional Kertajati, Majalengka yang sudah diresmikan tahun lalu.

Dia menilai, kualitas sumber daya manusia untuk terjun khusus ke sektor pariwisata harus dipersiapkan dengan matang.

"Bayangkan, pasti luar biasa, tidak hanya angklung tapi calung juga bisa memperkaya atraksi budaya yang menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan," ujar Anang.

https://travel.kompas.com/read/2019/04/29/135648327/kuningan-kembangkan-wisata-alam-dan-kesenian-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke