Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Masjid Bersejarah yang Cocok untuk Wisata Ramadhan di Solo

Nah, untuk Anda umat Muslim yang mungkin berada di Solo atau berencana mengunjungi Kota Bengawan selama bulan puasa ini, mungkin bisa sekalian untuk mencoba shalat tarawih di masjid tua yang bernilai sejarah di kota ini.

Beberapa masjid bersejarah di Kota Solo tersebut diantaranya:

Dibangun tahun 1763 oleh Pakubuwono III, masjid ini didominasi warna biru dengan bagian solat jamaah putra yang sokonya terbuat dari kayu-kayu jati yang dulunya diambil dari Hutan Donoloyo Wonogiri.

Di Masjid Agung Surakarta di pintu-pintu kayunya terdapat ukiran kayu berbentuk bledek yang mencerminkan kekuasaan Allah. Masjid ini juga dilengkapi dengan Menara yang menjulang setinggi 33 m. Bangunan menara tersebut konon terinspirasi dari Masjid di Masjidil Haram.

Masjid Agung Surakarta berlokasi di Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta

Bagian depan masjid dikelilingi pagar berwarna putih. Bagian Pintu gerbang berupa gapura putih bertuliskan kaligrafi.

Bangunan masjid ini didominasi dengan warna kuning hijau khas warna Mangkunegaran. Terdapat beberapa bagian dari masjid ini seperti serambi, ruang solat utama, pawastren, menara dan maligin. Maligin dulunya digunakan khitan bagi keluarga kerajaan Mangkunegaran.

Masjid Al-Wustho beralamat di Jl. Kartini No.3, Ketelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132

Berada di area Laeyan yang terkenal sebagai pusatnya batik di Kota Solo. Masjid Laweyan konon merupakan Masjid tertua yang sudah ada sejak jaman kerajaan pajang sekitar  500 tahun yang lalu.

Masjid Laweyan menyatu dengan komplek cagar  budaya makam Ki Ageng Henis yang merupakan penasihat Kerajaan Pajang. Di masjid ini terdapat 3 lorong jalur masuk masjid yang menggambarkan Islam, iman dan ihsan.

Bangunan masjid Laweyan terdiri 12 tiang masjid yang berasal dari kayu jati serta terdapat bedug dan kentongan yang sudah berusia ratusan tahun.

Dulunya Masjid Laweyan merupakan tempat pemujaan Agama Hindu. Namun usai Ki Ageng Henis memeluk agama Islam pura tersebut berubah menjadi masjid.

Masjid Laweyan beralamat di Jl. Liris No.1, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57146

Tak hanya Masjid Laweyan. Di kawasan Kampung Batik Laweyan juga terdapat masjid yang tak kalah bersejarahnya. Masjid tersebut banyak dikenal dengan sebutan Langgar Medeka.

Masjid tersebut berada tepat di pinggir jalan raya dan cukup mudah terlihat lantaran bangunannya yang unik dengan dominasi warna hijau.

Langgar merdeka terdiri dari 2 lantai dimana bagian bawah merupakan lokasi toko kamar mandi dan tempat wudhu, sedangkan lantai atas digunakan sebagai tempat Shalat.

Nama Langgar Merdeka ditujukan untuk memperingati kemerdekaan RI. Namun saat Agresi Militer Belanda II kata ‘merdeka’ dilarang digunakan sehingga Langgar Merdeka diubah namanya menjadi Langgar Al-Ikhlas.

Namun hingga hari ini, warga Solo lebih akrab memanggil masjid ini dengan nama Langgar Merdeka

Masjid Jalan Merdeka beralamat di Jl Dr. Radjiman Solo.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/04/130700427/4-masjid-bersejarah-yang-cocok-untuk-wisata-ramadhan-di-solo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke