Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kedai Makan di Sekitar Jalur Mudik Semarang-Salatiga-Solo

Dikutip dari buku Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa yang disusun oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan pihak-pihak terkait, berikut 6 kedai makanan rekomendasi di sekitar Semarang, Salatiga, dan Solo.

1. Sate dan Gule Kambing 29

Restoran legendaris ini sudah buka sejak tahun 1945 di kota Semarang. Aneka olahan daging kambing seperti sate, gule, dan sumsum menjadi menu utama rumah makan yang selalu ramai pengunjung ini.

Kedai Sate dan Gule Kambing 29 ini terletak di Jalan Letjen Suprapto nomor 29, Purwodinatan, Semarang, Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi nomor  (024) 3549692.

2. Mangut Welut

Welut dalam bahasa Jawa berarti belut. Menu mangut welut adalah menu idola di Warung Nasimah. Cita rasa yang pas dengan adonan bumbu mangut belut menjadi primadona di antara menu yang lain.

Untuk bisa menyantap mangut welut ini, pengunjung merogoh kocek Rp 15.000 per porsi. Biasanya perporsi berisi 6 potong belut berukuran sekitar 5 cm.

Anda dapat menikmati menu mangut welut di kedai makanan yang berlokasi di Jalan Kyai Saleh nomor 1, Randusari, Semarang Selatan, Semarang. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubugi nomor telepon 081390377187.

3. Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan

Resep rahasia olahan daking kambing di kedai makan ini terletak pada daging kambing yang digunakan. Kedai makan ini menggunakan daging kambing muda atau yang berumur di bawah satu tahun sehingga dagingnya terasa lebih empuk dan nikmat.

Kedai Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan terletak di Jalan Fatmawati nomor 898, Blotongan, Sidorejo, Salatiga. Kedai makan ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.

4.  Wedang Ronde Jago Salatiga

Ronde Sekoteng konon memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan lambung dan daya tahan tubuh karena kuahnya terbuat dari air jahe. Selain itu sajian hangat dari ronde sekoteng juga sangat pas dinikmati terutama menjelang malam di Salatiga.

Minuman khas ini dapat Anda temui di Jalan Jenderal Sudirman nomor 9, Kutowonangun Kidul, Tingkir, Salatiga. Kedai ronde jago buka setiap hari mulai pukul 14.00 hingga 21.30 WIB.

5. Sate Kambing Pak Manto

Menu favorit di sini adalah sate buntel dan tengkleng kambing. Jika umumnya sate dibuat dari potongan daging kecil dan ditusuk berurutan, di warung sate yang satu ini, kamu akan menemukan tampilan sate yang agak sedikit berbeda. Selain itu ada juga sate kambing, nasi goreng kambing, tengkleng, tongseng.  

Kedai Makan Sate Kambing Pak Manto terletak di Jalan Honggowongso nomor 36, Sriwedari, Laweyan, Solo. Kedai ini buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00. Untuk informasi lebih lanjut  Anda dapat hubungi nomor telepon 081329000315.

6. Timlo Sastro

Jika tiba di Solo jangan lupa mampir di kedai-kedai yang menjual salah satu masakan khas Solo, yaitu Timlo. Timlo adalah sejenis sup dengan komponen kembang tahu dan telur atau daging.

Salah satu kedai timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang pusatnya terletak di Jalan Pusat Timur nomor 1-2, Balong, Solo dan buka mulai pukul 06.30 hingga 15.30 WIB. Sedangkan cabangnya terletak di Jalan Dokter Wahidin 5 nomor 30 yang buka mulai pukul 06.30 hingga 21.00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat hubungi nomor (0271) 654820.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/07/151000427/6-kedai-makan-di-sekitar-jalur-mudik-semarang-salatiga-solo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke