Salin Artikel

Keajaiban Alam Pegunungan Pelangi Ternyata Juga Ada di Peru

KOMPAS.com – Biasanya, pelangi akan muncul di langit setelah hujan. Fenomena munculnya pelangi tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh titik-titik air hujan.

Namun, ternyata pelangi tak hanya ada di langit. Dunia yang luas menyimpan berbagai keunikan dan keajaiban alam. Salah satu keunikan dan keajaiban alam itu adalah fenomena pegunungan pelangi.

Sesuai namanya, fenomena gunung pelangi benar-benar menyajikan panorama berupa pegunungan yang berwarna-warni. Fenomena alam ini terjadi secara alami, bukan merupakan editan atau buatan manusia.

Pegunungan pelangi ada di Peru, yakni Gunung Vinicunca. Fenomena alam ini dekat dengan Kota Cusco, Peru. Wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan gunung pelangi ini biasanya memulai perjalanan dari kota itu.

Dampak pemanasan global

Satu hal yang perlu diketahui adalah, fenomena gunung pelangi di Negara Peru ini ternyata bisa disaksikan karena dampak pemanasan global. Beberapa tahun yang lalu, tidak ada wisatawan di Cusco karena hanya ada pegunungan bersalju di sana.

Pemanasan global kemudian membuat salju dan gletser yang menutupi pegunungan menjadi mencair. Menghilangnya lapisan salju pun membuat fenomena pegunungan pelangi menjadi terlihat.

Keberadaan pegunungan pelangi pun membuat Cusco ramai oleh wisatawan. Kini bisnis wisata menuju Gunung Vinicunca begitu berkembang di kota itu karena banyaknya wisatawan yang penasaran dengan fenomena keajaiban alam tersebut.

Keajaiban fenomena alam pegunungan pelangi

Dilansir dari Theculturetrip, warna pelangi tersebut disebabkan oleh pelapukan mineralogi. Warna merah menunjukkan adanya kadar besi oksida yang ada di sana. Pegunungan pelangi ini pun bisa dibilang sebagai endapan yang kaya akan besi.

Fenomena tersebut mirip dengan karat pada besi yang terjadi karena proses oksidasi. Endapan kaya zat besi juga akan berubah warna jika terkena oksigen dan air.

Sebelumnya, lapisan unik ini telah tersembunyi di bawah pembekuan gletser Pegunungan Andes dan baru sekarang bisa untuk dilihat.

Gunung ini juga bisa untuk aktivitas pendakian. Namun, hendaknya wisatawan yang berniat mendakinya mempersiapkan diri karena ketinggian gunung mencapai sekitar 6.384 meter di atas permukaan laut.

Perjalanan bisa memakan waktu beberapa hari. Salah satu cara terbaik untuk mendaki gunung pelangi adalah melalui operator tur. Beberapa operator tur akan menawarkan perjalanan dengan menunggang kuda.

Selain itu, waktu terbaik untuk melakukan pendakian adalah pada musim kemarau antara Bulan Mei sampai Septermber. Pendaki juga hendaknya sopan dan sesuai tradisi setempat karena Gunung Vinicunca dianggap suci oleh orang Peru.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/09/080600227/keajaiban-alam-pegunungan-pelangi-ternyata-juga-ada-di-peru

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.