Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Berkendara Menuju Bendungan Candi Muncar Wonogiri

Obyek wisata itu adalah Bendungan Candi Muncar yang berada di lereng Pegunungan Lawu Selatan. Berada di ketinggian tersebut membuat sejuknya udara pegunungan begitu terasa di obyek wisata ini.

Jika hendak berkunjung ke Bendungan Candi Muncar, berikut 4 tips berkendara sampai ke sana:

1. Rute paling mudah

Bendungan Candi Muncar tepatnya berada di Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Butuh waktu sekitar satu jam perjalanan dari Kota Wonogiri untuk sampai ke sana.

Jika mengacu pada aplikasi Google Maps, petunjuk arah yang tersaji adalah rute tercepat untuk sampai ke sana. Namun, rute termudah adalah melalui Kecamatan Sidoharjo yang bisa ditempuh dengan menyusuri jalan utama Wonogiri-Ponorogo.

Nantinya sesampainya di Sidoharho, belok utara (kiri) di jalan Sidoharjo-Girimarto. Jalan ini berada di sebelah barat Pasar Sidoharjo. Selanjutnya tinggal ikuti jalan utama. Menjelang sampai tujuan, sudah ada plang penunjuk jalan menuju Bendungan Candi Muncar.

2. Pastikan kendaraan kuat menanjak

Berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, kondisi jalan menuju Bendungan Candi Muncar tentu akrab dengan tanjakan. Kondisi paling menanjak akan sangat terasa menjelang sampai di tujuan.

Tentu kondisi jalan seperti itu membutuhkan kendaraan yang kuat melalui tanjakan. Bagi mereka yang berboncengan, kekuatan kendaraan mutlak menjadi kebutuhan. Pilih kendaraan dengan kapasitas mesin besar yang kuat menanjak, setidaknya 110 cc.

Selain itu, dibutuhkan pula keberanian dan keandalan pengendara untuk melewati jalan itu. Lebih baik jika pengendara sudah cukup berpengalaman melewati jalan menanjak di pegunungan.

3. Waspada jalan licin

Selain menanjak, menjelang sampai kondisi jalan juga cukup sempit. Namun, satu hal yang harus diperhatikan adalah, kondisi jalan juga cukup licin, khususnya jika basah. Hal itu karena di beberapa titik, terdapat lapisan tanah di atas jalan.

Tak hanya melaju perlahan, hendaknya pengendara tidak hanya bergantung pada rem. Jika menggunakan rem pada jalan yang licin, hal itu rawan menyebabkan selip. Tentu keandalan ini paling dibutuhkan ketika perjalanan pulang yang melewati turunan curam.

4. Berangkat ketika cuaca cerah

Kondisi jalan yang penuh tanjakan dan kelokan khas pegunungan tentu lebih nyaman serta aman jika dilalui ketika cuaca cerah. Selain jalannya tidak licin, pengendara akan terhindar dari risiko bencana seperti tanah longsor.

Selain itu, Bendungan Candi Muncar juga tampak semakin indah jika dikunjungi saat cuaca cerah. Barisan Pegunungan Lawu Selatan yang memesona akan terlihat jelas di bawah langit biru.

Kondisi seperti itu membuat Bendungan Candi Muncar pas untuk berfoto. Jika cuaca tidak cerah, maka kabut biasanya akan menyelimuti obyek wisata ini dan menutupi pemandangan indah ke segala arah.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/10/070400427/4-tips-berkendara-menuju-bendungan-candi-muncar-wonogiri

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke