Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angel Falls, Air Terjun Tertinggi Sedunia di Pedalaman Venezuela

KOMPAS.com – Dunia memiliki banyak air terjun yang tersebar di berbagai wilayah dan negara. Masing-masing air terjun juga memiliki karakteristiknya masing-masing, ada yang bentuknya melebar, sampai menjulang tinggi.

Lokasi air terjun pun juga bermacam-macam. Beberapa air terjun mungkin mudah untuk dituju seperti Air Terjun Niagara. Namun, ada beberapa air terjun yang sulit dijangkau karena terletak di pedalaman hutan atau gunung.

Di antara banyak air terjun, ada salah satu yang memiliki keunikan khusus dengan menyandang predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia. Lalu manakah air terjun tertinggi di dunia itu? Jawabnya adalah Angel Falls atau Air Terjun Bidadari.

Angel Falls berada di negara Venezuela. Lokasi air terjun ini tepatnya berada di Rio Caroni, tengah-tengah kawasan pegunungan pada bagian terpencil Taman Nasional Canaima, sebelah tenggara Venezuela.

Air terjun yang menjulang tinggi

Berada di tengah pegunungan dan dataran tinggi, air terjun ini menawarkan keindahan magis kepada siapa pun yang menyaksikannya. Ketinggiannya yang mencapai 979 meter menjadikan Angel Falls memperoleh predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia.

Air terjun ini juga dikenal sebagai El Salto Angel. Penamaannya diambil dari nama seorang pilot yang mengenalkan air terjun ini kepada dunia, James Crawford Angel. Ia melihat air terjun ini saat terbang untuk mencari lokasi tambang emas.

Tahun 1936, James Crawford Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun tertinggi di dunia itu. Sejak itulah Air Terjun Angel mulai dikenal oleh dunia.

Meski demikian, air terjun ini sebenarnya ditemukan pertama kali oleh seorang penjelajah bernama Ernesto de Santa Cruz pada awal abad ke-20. Namun, saat itu dunia belum mengenalnya sebagai air terjun tertinggi di dunia.

Air terjun ini berada di dataran tinggi yang disebut oleh Suku Indian Pemon (masyarakat lokal) sebagai Auyan-Tepui atau Gunung Setan. Konon banyak orang yang mencoba mendaki gunung itu tetapi tidak pernah kembali.

Memiliki predikat sebagai air terjun tertinggi di dunia membuat Angel Falls menjadi atraksi wisata paling terkenal di Venezuela. Meski demikian, mencapai titik air terjun ini tidaklah mudah.

Mereka yang ingin mencapai titik Angel Falls harus naik pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar menuju Canaima Camp. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik kano menyusuri sungai yang mengaliri air terjun setidaknya selama tiga hari.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/22/070300527/angel-falls-air-terjun-tertinggi-sedunia-di-pedalaman-venezuela

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke