Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Langkah Mudik Ke Sumatera Tanpa Menggunakan Pesawat

Namun, mudik ke Sumatera tanpa pesawat tetap diminati lantaran biayanya yang cenderung lebih murah.

Nah, apabila dalam waktu dekat Anda berencana untuk mudik ke Sumatera tanpa menggunakan pesawat, maka Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara. Berikut rangkuman KompasTravel.

1. Ngeteng menuju Lampung

Lampung bisa disebut sebagai pintu gerbangnya Sumatera. Apabila Anda berencana untuk mudik ke Sumatera selain menggunakan pesawat, salah satu caranya adalah Anda harus mencapai Lampung terlebih dahulu, baru dilanjutkan mencari kendaraan yang lain.

Untuk ke Lampung, Anda bisa menggunakan kereta api lalu dilanjutkan naik kapal. Secara singkat cara untuk menuju Lampung dari Jakarta adalah Anda bisa naik KRL dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung.

Selanjutnya dari Rangkasbitung Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan KA Lokal Merak menuju ke Stasiun Merak. Dari Stasiun Merak baru Anda berpindah dengan berjalan kaki menuju Pelabuhan Merak yang lokasinya tak jauh dari stasiun.

Setelah itu, baru Anda menyeberang dengan kapal feri menuju ke Bakauheni Lampung. Dengan cara ngeteng biaya perjalanan yang dikeluarkan tak sampai Rp 50.000 untuk sampai ke Lampung.

2. Lanjutkan perjalanan darat

Usai sampai di Lampung, Anda bisa melanjutkan perjalanan kembali dengan bus, maupun travel ke berbagai tempat yang Anda tuju.

Anda bisa pula menggunakan kereta. Jika tujuan Anda ke Palembang misalnya, dari pelabuhan Bakauheni, Anda bisa mencari bus atau ojek untuk menuju ke Stasiun Tanjung Karang, Lampung.

Selanjutnya anda bisa naik kereta sampai di Stasiun Kertapati yang merupakan stasiun akhir di Palembang.

3. Menggunakan bus yang langsung ke Sumatera

Jika Anda tidak ingin ngeteng selama perjalanan karena alasan kenyamanan, Anda bisa mencari bus-bus yang akan membawa Anda langsung dari Jakarta ke berbagai kota di provinsi-provinsi yang ada di Sumatera.

Anda bisa memanfaatkan bus seperti ALS (Antar Lintas Sumatera), Medan Jaya, PO SAN, dan masih banyak lagi pilihan bus yang bisa membawa Anda ke Sumatera.

Anda bisa mencari bus-bus ini melalui online, datang langsung ke PO bus yang dituju, maupun datang langsung ke terminal seperti terminal Rawamangun, Kalideres, atau Lebak Bulus.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/24/110000827/3-langkah-mudik-ke-sumatera-tanpa-menggunakan-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke