Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini 10 Destinasi Wisata dan Kuliner di Garut Rekomendasi Kemenpar

Di samping itu kuliner di Garut juga tak kalah lezat dengan kabupaten lain. Khususnya bagi pecinta makanan Sunda yang terkenal dengan aneka lalap dan sambal super pedas.

Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata dan kuliner di daerah Garut:

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang cocok didaki oleh para pendaki pemula. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter diatas permukaan laut, membuatnya tidak terlampau tinggi.

Terlebih di Gunung Papandayan medan pendakian terbilang landai, terdapat banyak sumber air bersih, fasiitas toilet, warung makan yang juga menjual pasokan minuman.

2. Situ Bagendit

Situ bagendit merupakan danau yang berada di Kecamatan Banyuresmi. Di danau ini pengunjung dapat melihat pemandangan pegunungan dan berwisata naik rakit.

Danau ini sempat menjadi sorotan ketika Presiden Joko Widodo memangkas rambut di depan danau.

Candi Cangkuang berada di Desa Cangkuang yang dikelilingi oleh empat gunung.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai ini merupakan salah satu pantai populer di Garut. Pantai ini terletak di Desa Mancagahar, dengan ciri khas batu karas di sepanjang garis pantai.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Santolo, tempat yang cocok untuk melihat matahari tenggelam.

Di sana juga terdapat banyak rumah makan dan penginapan semisal ingin menghilangkan penat perjalanan.

6. Talaga Bodas

Talaga Bodas sejatinya adalah kawah dari aktivitas vulkanik aktif. Lokasinya berada di Kecamatan Wanaraja, sekitar 20 kilometer dari Kota Garut. Di sini pengunjung dapat menemui kawah degan air biru muda dan pemandangan pengunungan dengan hawa yang sejuk.

7. Leuwi Tonjong

Obyek wisata satu ini terbilang unik. Pengunjung dapat menemui danau hijau dengan tebing tinggi yang mengapit dan terdapat celah yang dapat dilalui dengan perahu kecil. Tiba di ujung celah terdapat air terjun.

Sekilas Leuwi Tonjong tampak seperti syuting film King Kong atau Jurrasic Park. Lokasi Leuwi Tonjong terdapat di Desa Cihurip.

9. Wisata Air Panas Sabda Alam

Salah satu resor dan hotel yang terkenal menyediakan fasilitas pemandian air panas alami yakni Sabda Alam. Namun sebenarnya di daerah Cipanas, Garut ada banyak sekali akomodasi yang menawarkan fasilitas serupa. Anda dapat menyesuaikan bujet dengan tarif akomodasi.

10. Kebun Mawar

Terdapat di Jalan Raya Kamojang, Kebun Mawar Situhapa sangat digemari oleh wisatawan keluarga terutama ibu-ibu. Di daerah sejuk ini mawar tumbuh subur dengan warna-warni indah, cocok untuk wisata foto nan santai.

Jangan lupa di Garut juga terkenal dengan oleh-oleh dodol, cokelat, bakso aci, dan kerupuk kulit sapi asli tanpa bahan kimia berbahaya.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/26/062100327/ini-10-destinasi-wisata-dan-kuliner-di-garut-rekomendasi-kemenpar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke