Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik lewat Solo, Jangan Lupa Mampir ke De Tjolomadoe

Letaknya 10 menit dari Bandara Adisumarmo, Solo, serta didukung dengan kemudahan aksesibiltas dari Semarang, Salatiga, Yogyakarta dan Solo, menjadikan De Tjolomadoe cocok kamu kunjungi untuk menghilangkan penat di tengah perjalanan mudik.

Marketing Communication De Tjolomadoe, Ari Nurrohman mengatakan, semula bangunan ini merupakan pabrik gula yang didirikan oleh Mangkunegoro IV pada tahun 1861.

"Tahun 2017 PT Sinergi Colomadu merevitalisasi kawasan pabrik gula tersebut, yang kemudian resmi beroperasi sebagai sebuah museum di tahun 2018," ujar Ari saat ditemui Tim Merapah Trans Jawa 4 Kompas.com.

Tak hanya itu, nama ruangan-ruangan pun mengacu pada nama awal ketika tempat tersebut masih berfungsi sebagai pabrik gula, seperti Stasiun Gilingan, Stasiun Ketelan, Stasiun Penguapan, dan Stasiun Karbonatasi.

Di samping itu, ada beberapa ruang lain seperti Besali Cafe, Tjolomadoe Hall, dan Sarkara Hall yang dapat digunakan sebagai concert hall dan convention hall.

Tak hanya itu, museum ini juga dilengkapi dengan beragam fasilitas digital sehingga memudahkan pengunjung mendapatkan informasi seputar museum dan sejarah tebu hingga gula.

Berbagai sudut museum didesain sedemikian rupa sehingga cocok dijadikan lokasi berfoto yang instagramable.

Bangunan dengan luas 13.000 meter persegi ini memiliki fasilitas yang sangat nyaman bagi pengunjung. Mulai dari kebersihan bangunan, penataan museum yang apik, hingga pendingin ruangan yang akan membuat Kamu betah berkeliling di dalamnya.

Untuk dapat berkeliling museum ini, Kamu hanya perlu membayar Rp 25.000.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke De Tjolomadoe?

https://travel.kompas.com/read/2019/05/28/110300227/mudik-lewat-solo-jangan-lupa-mampir-ke-de-tjolomadoe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke