Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting Buat Kamu! 7 Tips Anti Mabuk saat Mudik Naik Bus

Bus menjadi salah satu sarana transportasi umum yang banyak digunakan pemudik untuk pulang ke kampung halamannya. Namun, salah satu kendala saat naik bus biasanya adalah mabuk darat.

Buat kamu yang sering mabuk saat naik bus, nih simak tipsnya.

1. Tidur yang cukup

Cukup tidur tak hanya berlaku bari para pengemudi kendaraan. Kamu juga harus cukup tidur sebelum memulai perjalanan mudik. Hal itu salah satunya bermanfaat agar badanmu tetap segar saat perjalanan dimulai.

Selain itu, cukup tidur juga bisa mengurangi mual dan pusing saat naik bus. Sebaliknya, kurang tidur bisa memicu pusing dan mual, bahkan saat tidak melakukan perjalanan sekalipun.

2. Wajib makan

Selain tidur cukup, bagi kamu yang sedang berpuasa hendaknya juga tidak melewatkan makan sahur. Hal itu penting karena makan sahur merupakan saat pengisian energi bagi mereka yang berpuasa agar tetap bugar sepanjang hari hingga berbuka.

Selain itu, hendaknya hindari sahur dengan makanan berlemak jika akan mudik dengan naik bus. Pemilihan menu sahur itu bermanfaat agar pencernaan tidak terlalu berat sehingga meminimalkan rasa mual.

3. Pilih tempat duduk bagian tengah, hindari sekitar roda

Supaya tak mabuk darat saat mudik naik bus, pemilihan tempat duduk penting untuk dilakukan. Kamu bisa pilih tempat duduk terbaik yaitu bagian tengah bus. Usahakan untuk sebisa mungkin memilih posisi tersebut.

Sebaliknya, posisi dengan guncangan paling keras biasanya ada di sekitar roda bus. Jika semakin keras goncangan, hal itu menyebabkan rasa mual dan pusing lebih besar kemungkinannya untuk muncul.

4. Duduk samping jendela

Duduk di samping jendela menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah rasa mabuk. Jika perjalanan melewati jalan dengan areal persawahan di kanan dan kiri jalan, usahakan memandang ke arah jauh.

Lebih baik lagi jika tempat duduk memungkinkan untuk memandang melalui kaca depan sehingga bisa melihat jalan dan tidak disorientasi arah. Sebisa mungkin hindari memandang obyek dekat karena bisa menyebabkan pusing.

5. Hindari membaca buku atau menatap layar smartphone

Buat kamu yang suka baca buku atau suka main handphone tapi suka pusing saat naik bus, tampaknya harus sedikit kecewa. Ada sejumlah orang yang menjadi pusing saat membaca buku atau menatap layar smartphone ketika naik bus.

Namun, ada juga yang bisa membaca buku atau bermain smartphone saat naik bus tanpa rasa pusing. Bila pusing datang saat membaca atau menatap layar smartphone, segera tinggalkan dua aktivitas itu sebelum pusing semakin parah.

6. Bawa minyak angin atau freshcare

Bagi sebagian orang, minyak angin atau freshcare merupakan barang bawaan wajib untuk mengusir mabuk darat. Saat mulai pusing, kamu bisa menghirup aroma terapi bisa jadi obat ampuh untuk mengusir pusing dan mual.

7. Tidur saat perjalanan

Sebenarnya rasa kantuk adalah reaksi yang muncul saat mengonsumsi obat antimabuk sehingga memudahkan seseorang untuk tidur. Dengan tidur, rasa pusing dan mual tidak akan terasa selama perjalanan.

Namun saat berpuasa, pemudik tidak bisa mengonsumsi obat antimabuk. Meski demikian, berusaha untuk tidur tetap bisa dilakukan agar tidak mabuk.

Jika memang berniat tidur selama perjalanan, jangan lupa pula untuk memberi tahu tujuan perjalanan. Ini penting, terutama jika tujuan mudik bukanlah tujuan akhir bus agar tak terlewat.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/29/080500727/penting-buat-kamu-7-tips-anti-mabuk-saat-mudik-naik-bus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke