Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik via Tol Trans Jawa, Yuk Mampir ke 5 Wisata di Kabupaten Semarang

KABUPATEN SEMARANG, KOMPAS.com – Beroperasinya Tol Trans Jawa membuat perjalanan mudik via darat bisa ditempuh dengan lebih cepat. Tahun 2019, jalan tol tersebut diprediksi akan dipenuhi para pemudik.

Ibarat sambil menyelam minum air, perjalanan mudik ke kampung halaman bisa dilakukan sambil berwisata. Bagi pemudik yang melintasi Kabupaten Semarang, berhenti sejenak untuk berwisata merupakan keputusan yang tepat.

Ada banyak tempat wisata yang tersebar di Kabupaten Semarang. Berikut ini adalah 5 wisata Kabupaten Semarang yang bisa dikunjungi saat perjalanan mudik:

1. Saloka Theme Park

Jawa Tengah juga mempunyai taman rekreasi tematik, yakni Saloka Theme Park. Tak hanya itu, Saloka Theme Park juga merupakan taman rekreasi tematik terbesar di Provinsi Jawa Tengah.

Ada berbagai wahana permain yang bisa dinikmati bersama keluarga. Di sini pengunjung bisa naik bianglala tertinggi kedua se-Jawa Tengah yang bernama Cakrawala. Selain itu, masih banyak wahana lain yang cocok dinikmati semua kalangan.

Jika ingin mampir ke Saloka Theme Park, caranya adalah keluar dari Gerbang Tol Bawen kemudian berkendara ke arah jalan utama menuju Kota Salatiga. Nanti taman rekreasi itu ada di kanan jalan.

2. Berkeliling Danau Rawa Pening

Salah satu ikon Kabupaten Semarang adalah Rawa Pening yang kental dengan legena anak berwujud ular naga bernama Baru Klinting. Danau alam seluas 2.670 hektare ini cocok dikunjungi untuk melepas lelah.

Keindahan panorama Rawa Pening yang dikelilingi pegunungan sangat mengistirahatkan mata dan mengembalikan konsentrasi berkendara. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati pesona Rawa Pening adalah di Bukit Cinta yang berada di Kecamatan Banyubiru.

Tidak hanya memandang keindahan Rawa Pening, pengunjung di Bukit Cinta juga bisa mengelilingi danau ini dengan naik perahu.

3. Ngadem di Agrowisata Kopeng Gunungsari

Kabupaten Semarang juga memiliki destinasi wisata yang menawarkan sejuk dan segarnya udara pegunungan. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Getasan. Ada banyak obyek wisata yang bisa dinikmati di kawasan lereng Gunung Merbabu ini.

Agrowisata Kopeng Gunungsari menjadi satu obyek wisata yang ada di Kecamatan Getasan, tepatnya di Desa Kopeng. Selain udaranya sejuk, panorama dari ketinggian yang tersaji di sana sangatlah memesona.

Taman bunga di Agrowisata Kopeng Gunung Sari juga pas untuk berfoto bersama keluarga. Tidak ketinggalan, pengunjung bisa membeli buah jambu segar untuk oleh-oleh saat sampai di kampung halaman.

4. Naik kuda dan mandi air hangat di Candi Gedong Songo

Obyek wisata lainnya ada di lereng Gunung Ungaran, yakni Candi Gedong Songo. Kompleks candi di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut ini begitu luas dengan lanskap pemandangan kawasan Gunung Ungaran yang begitu menyejukkan mata.

Berkeliling kawasan Candi Gedong Songo yang luas pun tidak melelahkan. Tersedia jasa sewa kuda untuk mengantarkan wisatawan berkeliling candi tanpa harus berjalan kaki.

Wisatawan juga bisa menikmati pemandian air hangat alami di kompleks Candi Gedong Songo ini. Sejuknya air pegunungan dengan hangatnya air pemandian jelas akan mengusir segala rasa lelah perjalanan.

5. Naik kereta uap tempo doloe di Museum Kereta Api Ambarawa

Pemudik bisa merasakan sensasi perjalanan tempo doloe dengan naik kereta uap kuno yang berada di Stasiun Willem I atau Museum Kereta Api Ambarawa. Kereta ini unik karena bermesin diesel dan badan kereta terbuat dari kayu.

Kereta uap ini beroperasi hanya pada Hari Sabtu dan Minggu saja. Namun saat momen libur lebaran, kereta akan beroperasi terus sejak tanggal 6-12 Juni 2019. Jika ingin naik kereta ini, datang pagi hari agar mendapat tiket.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/29/210700727/mudik-via-tol-trans-jawa-yuk-mampir-ke-5-wisata-di-kabupaten-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke