Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Obyek Wisata dan Kuliner Sekitar Tol Cipali

Sesuai dengan judul tersebut, buku ini adalah panduan untuk penikmat kuliner maupun para pelancong yang ingin mencari tempat wisata saat menggunakan Tol Cikopo-Palimanan.

“Buku ini sengaja kami kampanyekan dan terbitkan menjelang arus mudik dan balik di lebaran 2019 agar masyarakat selalu well-informed. Dan sebagai upaya strategi kami untuk mengurai kemacetan di dekat Rest Area," kata Vice President LMS, Firdaus Azis dalam keterangan tertulis.

Firdaus menambahkan, "Jika terjadi kemacetan panjang di dekat RSA, silahkan keluar tol dan carilah restaurant atau mushola untuk istirahat, lalu kembali masuk ke tol Cipali. Tarif Cipali dihitung Rp 876 per kilometernya sehingga kalau ditotal biayanya sama dengan jika tidak keluar tol,"

Buku panduan ini berisi beberapa tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga oleh-oleh di Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, dan Majalengka.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata dan makan di kota-kota tersebut. Untuk informasi lebih lengkap, buku dalam format digital bisa diunduh di tautan  http://online.fliphtml5.com/gjlzk/jopn/.

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur ibarat ikon Purwakarta. Ada beberapa area wisata di Waduk Jatiluhur, salah satunya adalah Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur dan Parang Gombong. Ada banyak tempat wisata di Grama Tirta seperti area berfoto di sekitaran waduk sampai water park.

Berkendara agak melewati Grama Tirta ada kawasan Parang Gombong yang berada di tepian Waduk Jatiluhur. Parang Gombong layaknya sebuah pantai, cocok untuk bersantai, berenang, hingga berkemah.

Lapar? Anda bisa makan di restoran Istora Resto Jatiluhur. Pengunjung akan disuguhi panorama cantik Waduk Jatiluhur karena restoran berada di ketinggian menghadap langsung ke waduk. Aneka olahan ikan yang diambil dari waduk menjadi andalan menu restoran ini.

Waduk Jatiluhur berada di Jl. Waduk Jatiluhur, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta. Aksesnya adalah keluar di gerbang tol KM 72 dan ambil jalur Jl. Raya Cikopo, kemudian ke Jl. Ciganea/Jl. Tol Purbaleunyi.

Keluar dari Jl. Tol Cipularang dan ambil Jl. Pramuka dan Jl. Ir. H. Juanda ke Jl. Waduk Jatiluhur di Jatimekar.

2. Agrowisata Ciater Tea Mountain, Subang

Agrowisata Ciater Tea Mountain merupakan perkebunan teh yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VIII. Sejauh mata memandang adalah tanaman teh yang menghijau.

Kebun Teh Ciater merupakan perkebunan teh dataran medium dengan ketinggian 1.650 meter di atas permukaan laut.

Jangan lewatkan sensasi menikmati surabi hangat di tengah perkebunan teh. Dekat dari Agrowisata Ciater Tea Mountain, terdapat kedai Surabi Romantis yang bisa jadi pilihan untuk menyantap surabi oncom.

Agrowisata Ciater Tea Mountain berada di Jl. Raya Ciater RT 04 / RW 05, Ciater, Subang, Kabupaten Subang. Untuk menuju tempat ini bisa melalui Tol Cikopo-Palimanan, keluar gerbang tol Subang di KM 109 lalu belok kanan ke Jl Otto Iskandardinata.

Lurus terus sampai bundaran lalu menuju Jl RA Wangsa Ghofrana dan belok kanan ke Jl Letnan Jend. S. Parman.

Setelah itu, cicipi hidangan serba seafood di Pondok Ikan Bakar Mina Ayu yang dekat dengan Tirtamaya. Nikmati ikan bakar seperti ikan kanang bakar atau ikan bawal bakar. Selain itu, aneka olahan kepiting, cumi-cumi, dan udang patut dicoba.

Pantai Tirtamaya berada di Jl. Raya Cirebon-Indramayu, Juntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu.

Akses menuju pantai melalui Tol Cipali-Palimanan, keluar di Gerbang Tol Kertajati, lalu ambil Jl. Jatibarang - Kadipaten dan Jl. Raya Jatibarang-Indramayu, lalu arahkan perjalanan ke Jalan Raya Juntinyuat kemudian ke Juntikedokan.

4. Paraland Resort

Inilah lokasi terbaik untuk melihat panorama Majalengka dari ketinggian. Letaknya di puncak Gunung Paten sehingga memberikan pemandangan pusat kota Majalengka dan juga Gunung Ciremai.

Ada banyak wahana di tempat ini seperti outbound, paintball, area selfie, zip bike, flying fox, hingga playground.

Pilihan makan siang di Majalengka bisa mampir ke rumah makan Pondok Dahar Pak H. M. Djaja yang menawarkan menu berupa olahan ikan tawar khas Sunda.

Setelah sampai bundaran ambil jalan ke Jl. Siti Armilah, lalu belok kanan ke Jl. K.H. Abdul Halim, terus dan kemudian belok kanan ke Sidamukti dan ikuti jalan menuju Paraland Resort.

Kemudian belok kiri ke Jl. Jend. Achmad Yani lalu terus ke Jl. Raya Cijambe dan Jl. Raya Cagak-Subang. Kemudian belok kiri ke Jl. Palasari Dua - Babakan Gn. sampai terus ke Jl. Raya Ciater. Tujuan ada di sebelah kiri.

5. Pink Ice Cream Wisata Selfie Cirebon

Tempat berfoto-foto selfie dengan tema es krim. Ada 13 zona tematik yang setiap zonanya akan membuat pengunjung asyik ber-selfie. Mulai dari zona bertema pisang sampai kolam bola.

Tak jauh dari situ, Anda bisa menikmati empal asem di RM Empal Asem H. Abud. Selain empal asem, Anda bisa mencicipi empal gentong, sate kambing muda, nasi lengko, dan makanan khas Cirebon lainnya.

Pink Ice Cream Wisata Selfie berada di Jl. Tuparev No. 168, Kedawung, Kota Cirebon. Akses menuju tempat ini via Tol Cikopo-Palimanan, keluar di gerbang tol Palimanan 2 di KM 188, lalu lurus ke Jl. Otto Iskandardinata.

Ambil jalan keluar menuju Plered. Lurus terus di Jl. Tuparev ke area Kedawung. Tempat yang dituju ada di sebelah kanan.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/31/062000927/5-obyek-wisata-dan-kuliner-sekitar-tol-cipali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke