Salin Artikel

5 Tips Agar Perjalanan Mudik via Tol Jadi Lebih Asyik

KOMPAS.com - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Mungkin saat ini Anda sedang merencanakan atau tengah dalam perjalanan mudik ke kampung halaman.

Perjalanan mudik dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Kabar baik untuk Anda, karena saat ini ruas tol Trans-Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Jadi, mudik ke berbagai wilayah di Jawa melalui jalan tol bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Bagi Anda para pemudik yang ingin melintasi ruas jalan tol, kami punya beberapa tips agar perjalanan Anda lebih asyik dan terhindar dari kebosanan.

1. Ikuti informasi arus mudik

Menentukan waktu terbaik untuk memulai perjalanan mudik adalah hal utama yang harus diperhatikan. Karena jika waktunya tak tepat, bisa-bisa Anda mengalami kendala perjalanan seperti kemacetan dan lain sebagainya.

Untuk mengikuti informasi terbaru terkait arus mudik tahun ini, Anda dapat mengikuti liputan khusus mudik Kompas.com di program Merapah Trans-Jawa 4.

Tak hanya terkait arus mudik, dalam liputan khusus ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai lokasi rest area, nomor-nomor telepon penting seputar tol, tips mudik, hingga rekomendasi tempat wisata di sekitar jalur mudik Trans-Jawa.

2. Manfaatkan rest area

Menempuh perjalanan jarak jauh dalam waktu yang panjang tentunya akan membuat Anda lelah. Oleh sebab itu manfaatkan fasilitas rest-rest area yang ada di sepanjang jalur mudik.

Saat ini mayoritas rest area telah didesain sedemikian rupa sehingga akan membuat istirahat Anda menjadi lebih nyaman. Mulai dari toilet yang beraih, gerai makanan dengan menu beragam, hingga tempat ibadah dengan beragam fasilitasnya.

3. Wisata kuliner

Di tengah perjalanan mudik, jangan lupa menyempatkan diri untuk mencoba beragam kuliner khas daerah yang jarang Anda temui di kota perantauan.

Dengan berwisata kuliner, Anda akan mendapatkan pengalaman baru, perjalanan menjadi tak monoton, dan Anda dapat memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

4. Mampir ke destinasi wisata sekitar

Menempuh perjalanan panjang dalam rute bebas hambatan tentu akan menimbulkan kepenatan.

Untuk mengatasinya, tak ada salahnya Anda mampir ke destinasi-destinasi wisata di sekitar ruas jalan tol di tengah perjalanan mudik Anda. Dengan demikian perjalanan mudik Anda akan terasa berbeda dan lebih asyik.

Tak perlu mengunjungi tempat wisata yang mahal, jika Anda jeli dan rajin mencari informasi, ada banyak lokasi menarik yang murah bahkan gratis di sekitar jalur mudik Anda.

5. Bawalah benda-benda sepele namun penting

Beragam perlengkapan harus Anda siapkan sebelum menempuh perjalanan mudik. Namun ada beragam benda yang tampak sepele namun penting yang kerap Anda lupakan.

Misalnya saja bantal leher, sandal jepit, jaket, kelengkapan hiburan di dalam mobil seperti musik, buku bacaan, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, membawa makanan dan minuman juga sangat dianjurkan. Hal ini penting agar saat jam berbuka puasa tiba, Anda memiliki "amunisi" yang cukup jika belum menemukan lokasi yang pas untuk membeli makanan.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/31/144139227/5-tips-agar-perjalanan-mudik-via-tol-jadi-lebih-asyik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.