Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Obyek Wisata Boyolali, Pas untuk Dikunjungi saat Mudik

BOYOLALI, KOMPAS.com – Salah satu aktivitas yang lazim dilakukan saat mudik ke kampung halaman adalah berwisata. Biasanya berwisata dilakukan usai silaturahim.

Bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya yang sedang mudik, maka momen Lebaran 2019 sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa menjelajah tempat-tempat wisata menarik.

Berikut ini 5 obyek wisata Boyolali yang pas untuk wisata saat mudik:

1. Kebun raya Indrokilo

Boyolali kini memiliki kebun raya seluas sekitar 8,9 hektar, yakni Kebun Raya Indrokilo. Kebun raya ini merupakan tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para perantau asal Boyolali yang kembali pulang ke kampung halaman pada momen lebaran 2019.

Selain menyimpan berbagai spesies tanaman untuk ilmu pengetahuan, ada banyak spot Instagramable yang tersebar di area Kebun Raya Indrokilo. Hal itu membuat kebun raya ini pas dikunjungi bersama keluarga.

Jika ingin berkunjung ke Kebun Raya Indrokilo, hendaknya berangkat pada pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan di kebun raya yang masih baru ini.

2. Umbul Pengging

Boyolali juga terkenal akan pemandian air alami atau yang biasa disebut sebagai umbul. Air di pemandian ini benar-benar berasal langsung dari mata air yang bersumber dari dalam bumi sehingga kesegarannya tidak diragukan lagi.

Salah satu umbul favorit masyarakat Boyolali adalah Pengging. Total ada empat pemandian yang ada di Umbul Pengging, yakni Umbul Temanten, Umbul Duda, Umbul Ngabean, dan Umbul Anak (buatan).

Selain segar, Umbul Pengging juga kental akan nuansa kerajaan. Dulunya, salah satu umbul, yakni Ngabean merupakan pemandian khsusu Raja Surakarta Hadiningrat saat itu, yakni Pakubuwana X.

3. Gancik Hilltop

Bagi pencinta udara segar khas pegunungan, Boyolali merupakan destinasi wisata yang pas. Hal itu karena Boyolali berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Ada beberapa tempat wisata yang ada di lereng kedua gunung tersebut.

Gancik Hilltop menjadi salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi untuk liburan. Lokasi Gancik Hilltop berada di lereng Gunung Merbabu, tidak jauh dari Basecamp Pendakian Merbabu via Selo.

Panorama Gunung Merapi yang begitu indah tersaji dari Gancik Hilltop ini. Selain itu, ada banyak spot selfie yang semakin mempercantik suasana.

4. Taman Tiga Menara

Berkunjung ke Menara Pisa, Patung Liberty, atau Menara Eiffel kini tak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Boyolali kini memiliki ketika ikon dunia tersebut yang bisa ditemukan di Taman Tiga Menara.

Meski merupakan miniatur, Menara Pisa, Patung Liberty, atau Menara Eiffel di taman yang baru diresmikan Kamis (25/10/2019) ini tetap terlihat megah. Konstruksinya juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya.

Lokasi Taman Tiga Menara juga tidak jauh dari pusat Kota Boyolali, yakni hanya sekitar 2 kilometer dari ikon Boyolali lainnya, Patung Arjuna Wiwaha.

5. New Selo

Jika Gancik Hiltop berada di lereng Gunung Merbabu, maka New Selo ada di seberangnya, yakni lereng Gunung Merapi. Pemandangan yang tersaji dari New Selo ke arah utara begitu spektakuler.

Tampak Gunung Merbabu setinggi 3142 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang menjulang tinggi. Ada pula tulisan "New Selo" besar sehingga tampak seperti yang ada di Hollywood, Amerika Serikat.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, udara di New Selo juga sejuk. Dinginnya udara akan sangat terasa ketika berkunjung pada pagi hari.

https://travel.kompas.com/read/2019/05/31/170800827/5-obyek-wisata-boyolali-pas-untuk-dikunjungi-saat-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke