Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudik Lewati Ponorogo, Jangan Lupa Cicipi Ragam Kulinernya

Saat berada di sana, tidak ada salahnya untuk menepi sejenak dan mencicipi kulinernya yang khas. Kuliner khas Ponorogo bahkan sudah menjadi kegemaran dua Presiden Indonesia yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi.

Kenikmatan kuliner khas Ponorogo juga turut direkomendasikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bagi para pemudik.

“Kuliner Ponorogo dikenal dengan satenya yang nikmat. Biar tidak penasaran, datang saja ke Ponorogo," ujar Menpar Arief sesuai rilis yang Kompas.com terima, Minggu (2/6/2019).

Sebut saja Warung Sate Ayam Pak Tukri Sobikun yang menjadi favorit SBY dan Jokowi. Berlokasi di Kelurahan Nologaten, kelezatan sate yang disajikan membuat kedua pesohor tersebut selalu menyempatkan diri berkunjung saat berada di Ponorogo.

Bagi pemudik yang membawa keluarga besar, Rumah Makan Joglo Manis yang berada Jalan Sultan Agung No. 52 Ponorogo bisa dijadikan pilihan.

Tempat ini menyajikan berbagai macam masakan tradisional Indonesia antara lain sop iga bakar, sop buntut, salad jawa, ayam penyet, bebek goreng, gurame asam manis, kepiting asam manis, udang telor asin, dan cumi masak orak-arik

Suasananya sangat nyaman dan harganya pun terjangkau, cocok untuk dinikmati secara beramai-ramai.

Lalu bagi pemudik pecinta pedas, terdapat sego gegok yang wajib untuk dicoba. Menilik bahan bakunya, makanan tradisional ini terbuat dari bumbu bawang merah, bawang putih, cabai dan rempah yang kemudian digiling menjadi satu.

Sego gegok ditaruh di atas nasi dan dicampur lauk pilihan di antaranya ayam, ikan, jerohan, udang, tempe, jamur dan berbagai lauk lainnya.

Jika sebelumnya makanan ini sulit ditemui, sekarang telah tersedia di berbagai tempat di Ponorogo, salah satunya Warung MPWG di Jalan Prajuritan, Kelurahan Tambakbayan.

Rasa pedasnya mampu menghilangkan rasa kantuk seketika.

Selain makanan, Ponorogo juga memiliki minuman khas yang tak kalah nikmat. Adalah Warung Dawet Jabung Bu Sumini yang dapat melepas dahaga para pemudik dan mengembalikan mood agar tetap semangat melanjutkan perjalanan.

Berada di Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, dawet jabung semakin nikmat jika ditemani tempe goreng yang enak dimakan saat hangat. Silakan mencoba!

https://travel.kompas.com/read/2019/06/02/102713127/mudik-lewati-ponorogo-jangan-lupa-cicipi-ragam-kulinernya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke