Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spot Riyadi, Tempat Terbaik Memotret Gagahnya Candi Prambanan

Hingga kini, Kemegahan Candi Prambanan masih bisa disaksikan. Saat momen liburan seperti Hari Raya Idul Fitri, candi tersebut selalu diserbu oleh banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu libur untuk berwisata.

Akan tetapi, menikmati kemegahan Candi Prambanan tidak melulu harus berkunjung ke lokasi candi. Ada satu tempat terbaik untuk bisa memandang atau mengabadikan Candi Prambanan, yakni Spot Riyadi.

Spot Riyadi tepatnya berada di Dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 20 kilometer dengan waku tempuh kurang-lebih satu jam.

Keindahan Candi Prambanan dari jarak 2.200 meter

Spot Riyadi berada di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Hal itu membuat pemandangan terbuka ke arah utara tersaji dengan begitu jelas. Candi Prambanan juga menjadi bagian dari pemandangan sebelah utara itu.

Namun jika ditarik garis lurus, jarak antara Spot Riyadi dengan Candi Prambanan adalah sekitar 2.200 meter-an atau 2,24 kilometer. Angka itu tentu menunjukkan jarak yang cukup jauh. Meski demikian, megahnya Candi Prambanan masih bisa dinikmati.

Memang jika dilihat dengan mata, Candi Prambanan tampak kecil. Begitu pula saat mengabadikan menggunakan kamera ponsel atau kamera dengan lensa standar, candi Hindu terbesar di Indonesia itu masih tampak kecil.

Oleh karena itu, butuh lensa zoom atau tele dengan panjang fokal maksimal setidaknya 200 mm untuk bisa memotretnya dengan baik. Semakin panjang maksimal focal length pada lensa, maka hasilnya akan lebih baik.

Bagi mereka yang tidak mempunya lensa zoom atau tele, keindahan malam hari di Spot Riyadi masih bisa diabadikan. Gemerlap lampu malam hari menjadi obyek foto menarik yang bisa dijepret.

Jika cuaca sedang cerah, latar belakang Gunung Merapi akan terlihat jelas sehingga menjadi penghias foto lanskap malam yang memesona.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/04/140800727/spot-riyadi-tempat-terbaik-memotret-gagahnya-candi-prambanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke