Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Oleh-oleh Khas Purwakarta yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Kamu bisa mendatangi Galeri Menong, sentra oleh-oleh Purwakarta yang berlokasi di Jl. Veteran No. 134, Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Ada banyak produk dari berbagai UMKM yang dijual di toko ini.

Pilihannya mulai dari aneka camilan, suvenir, kain, kerajinan tanah liat, hingga baju. Berikut beberapa pilihan oleh-oleh khas yang bisa kamu beli.

1. Semprong

Purwakarta terkenal dengan semprong dan simping. Beda dengan simping, semprong berbentuk tabung panjang. Teksturnya garing dengan rasa yang gurih atau manis.

Bentuknya pipih, bulat, dan tipis. Rasa simping umumnya gurih, tetapi kerap juga diberi isian gulali. Kini simping hadir dengan varian rasa yang beragam seperti keju, cabai, dan kelapa. Namun rasa asli simping adalah rasa kencur.

Bahan pembuatan yaitu nasi dan garam yang dijemur dalam terik matahari, lalu dicetak dan digoreng. Namun di Purwakarta, rengginang hadir dalam bentuk kekinian dengan rasa beragam dan warna-warni.

Asal usul sate maranggi berasal dari Plered. Kamu bisa mengunjungi Kampoeng Sate Maranggi Plered yang berada di sebelah Stasiun Plered, yang berlokasi di Jl. Raya Plered, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Ada sekitar lebih dari 50 pedagang sate maranggi. Jangan lupa bungkus pula saus kacang dan saus kecap untuk sate maranggi, bungkus terpisah dari satenya. Saus-saus ini berbeda dari saus sate pada umumnya.

Masih di kawasan Plered, ada banyak pengrajin keramik yang menjual aneka produk terbuat dari tanah liat.

Di sepanjang Jl. Raya Anjun-Plered-Purwakarta, Anjun, Plered, begitu banyak toko menjual kerajinan keramik seperti guci, gelas, vas bunga, dan lainnya.

Patokannya adalah Museum Keramik Plered. Sebelum berbelanja keramik, kamu juga bisa mampir ke museum ini untuk melihat proses pembuatan keramik khas Plered.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/08/090000327/5-oleh-oleh-khas-purwakarta-yang-tak-boleh-kamu-lewatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke