Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Barong Ider Bumi, Ritual Tolak Bala saat Idul Fitri di Banyuwangi

Tak terkecuali saat Hari Raya Idul Fitri. Setiap tanggal 2 Syawal atau lebaran hari kedua, warga Desa Kemiren, Kecamatam Glagah, Kabupaten Banyuwangi menggelar ritual tolak bala bernama Barong Ider Bumi yang sudah dilakukan turun-turun sejak ratusan tahun lalu.

Pemilihan 2 Syawal pun bukan tanpa alasan. Dua merupakan simbol dari ciptaan Tuhan yang berpasang-pasangan, seperti laki-laki dan perempuan, ada siang ada malam, dan ada langit yang jumlahnya dua.

"Pelaksanaannya juga tepat jam dua siang. Ini adalah simbol. Termasuk bunga yang digunakan jumlahnya ada sembilan dan uang koinnya total Rp 99.900. Sembilan ini adalah simbol dari Asmaul Husna nama-nama baik dari Allah yang berjumlah 99," kata Serad, salah satu tetua masyarakat Desa Kemiren.

Ketika perayaan, masyarakat lokal mengarak figur mitologi Bali dan Jawa yang biasa dikenal dengan nama Barong, bertujuan untuk mengusir bencana atau menolak bala sehingga masyarakat bisa hidup aman.

Kemudian diakhiri dengan kenduri massal di sepanjang jalan desa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kenduri atau biasa dikenal dengan sebutan Selamatan dapat diartikan sebagai perjamuan makan untuk memperingati peristiwa, meminta berkah, dan sebagainya.

Ritual tolak bala ini pun mendapat perhatian Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Dia mengatakan, Banyuwangi konsisten menjaga tradisi warganya sebagai bentuk mempertahankan kearifan lokal.

Anas juga meyakini, kearifan lokal yang dibangun para leluhur itu dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan alam dan kehidupan warganya.

"Ini adalah cara ‘nguri-nguri’ budaya yang ditradisikan oleh Banyuwangi. Banyuwangi boleh saja maju, Banyuwangi juga boleh berkembang, tapi budaya Banyuwangi tidak boleh tertinggal dari pergaulan global. Oleh karena itu, sesibuk apa pun, kami akan terus menjaga kelestarian budaya, salah satunya lewat balutan festival semacam ini," kata Anas.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/10/150300327/barong-ider-bumi-ritual-tolak-bala-saat-idul-fitri-di-banyuwangi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke