Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Icip Nila Bakar Wonogiri sambil Nonton Karamba di Warung Pak Glinding

Nah, jika kamu berkunjung ke lokasi wisata OW. WGM, kamu akan mendapati banyaknya penjaja kuliner yang menjajakan kulineran khas sekitar daerah Waduk Gajah Mungkur yakni aneka olahan nila dan wader.

Kedua ikan ini memang merupakan jenis ikan yang banyak ditemui di sekitar perairan Waduk Gajah Mungkur.

Lezatnya Nila Bakar Pak Glinding

Salah satu tempat yang cukup hits di Wonogiri untuk mencicipi kulineran tersebut adalah Warung Makan Pak Glinding.

Warung makan tersebut berada di Jalan Raya Wonogiri - Pracimantoro, Km. 7, Jajar, Sendang. Hanya sekitar 5 menit dari OW. WGM.

Warung Makan Pak Glinding sudah berdiri sejak tahun 2009. Selain rasa masakan yang enak, warung ini memiliki lokasi yang strategis. Berada di pinggir jalan raya, membuat tempat ini mudah dijangkau.

Menariknya, pemandangan waduk dengan jajaran karamba-karambanya terlihat memesona, sehingga makan di tempat ini memberikan nuansa syahdu.

“Menu yang paling jadi andalan adalah nila bakar,” ujar Riah, pengelola Resto kepada KompasTravel.

Nila Bakar Pak Glinding memiliki cita rasa yang khas. Nila yang dibakar diberi bumbu adonan khas Pak Glinding yang kemudian dicampur dengan kecap dan gula jawa.

Aroma yang menguar menggugah selera, dengan rasa gurih manis yang membuat nagih. Tak heran jika masa mudik seperti sekarang ini, Warung Makan Pak Glinding terlihat rame didatangi pemudik yang merindukan makanan khas daerah Waduk Gajah Mungkur.

Selain nila bakar, botok nila juga menjadi makanan yang paling banyak dicari. Botok Nila merupakan ikan nila yang dibumbui, dicampur parutan kelapa, lalu dikukus dengan daun pisang.

Botok Nila memiliki rasa enak dan gurih. Harganya pun tidak terlalu mahal. Tak sampai Rp 10.000 per bungkusnya, membuat botok nila kerap dipilih sebagai menu pelengkap, sekaligus pilihan untuk dibawa oleh-oleh.

Nah, jika libur lebaran ini kamu ke Wonogiri, jangan sampai lupa untuk berwisata ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur sembari kulineran ke Warung Makan Pak Glinding.

Saat ini, masuk ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur gratis, untuk kamu yang memiliki folower instagram sejumlah minimal 1.000 follower.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/10/170000727/icip-nila-bakar-wonogiri-sambil-nonton-karamba-di-warung-pak-glinding

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke