Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum Kamu Mendaki Gunung, Persiapan Fisik Apa yang Harus Dilakukan?

Selain itu, saat musim kemarau biasanya gunung tidak berkabut. Hal itu membuat keindahan panorama dari ketinggian bisa disaksikan dengan jelas. Bulan Juni sampai Agustus menjadi waktu yang pas untuk mendaki.

Namun sebelum mendaki gunung, ada beberapa persiapan fisik yang harus kamu lakukan mengingat pendakian merupakan aktivitas berat. Berikut ini adalah 5 olahraga yang harus rutin kamu lakukan sebelum mendaki gunung:

1. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil merupakan olahraga sederhana yang bisa dengan mudah kamu lakukan. Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan stamina yang sangat dibutuhkan untuk perjalanan mendaki selama berjam-jam.

Kaki yang kuat tidak hanya dibutuhkan untuk menapaki jalan menanjak, tetapi juga saat perjalanan turun ketika kaki harus mengerem dan menahan berat badan serta bawaan.

Olahraga jogging ini harus dilakukan setiap hari dan jauh sebelum waktu pendakian dimulai. Hal itu karena stamina dan kekuatan otot tidak bisa dibangun dalam waktu singkat. Lakukan jogging setidaknya satu jam saja setiap hari.

2. Bersepeda Melewati Tanjakan

Selain jogging, bersepeda juga merupakan olahraga yang tepat untuk semakin menguatkan stamina dan otot kaki kamu. Bersepeda juga menjadi variasi olahraga yang bisa dilakukan agar tidak jenuh.

Sama seperti jogging, lakukan olahraga ini jauh hari sebelum mendaki. Jika kamu sudah biasa bersepeda di medan yang berat, maka fisik akan lebih siap saat diajak untuk mendaki gunung.

3. Push up

Memang mendaki gunung akan sangat mengandalkan kemampuan kaki dan stamina untuk menapaki medan yang terjal selama berjam-jam. Namun, jangan lupakan kalau pendaki juga harus membawa barang bawaan seperti air minum, bekal, dan tenda.

Oleh karena itu, latih juga kekuatan bahu dan tubuh bagian atas dengan melakukan push up secara rutin. Push up bisa dilakukan saat jogging. Setiap selesai satu putaran jogging, selingi dengan melakukan push up 10 kali.

4. Berenang

Selain stamina dan kekuatan otot, pernapasanmu juga harus dilatih agar tidak mudah ngos-ngosan saat mendaki gunung. Selain rutin jogging, salah satu cara untuk melatih pernapasan adalah dengan berenang.

5. Pendinginan dan Peregangan

Setelah melakukan olahraga seperti jogging atau bersepeda, maka lakukan pendinginan dengan berjalan kaki sejenak dan peregangan. Pendinginan bermanfaat untuk mengurangi kelelahan otot setelah olahraga.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/12/110900727/sebelum-kamu-mendaki-gunung-persiapan-fisik-apa-yang-harus-dilakukan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke