Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Menit Menyeberang, 6 Hal Ini Bisa Dilakukan di Pulau Panjang Jepara

KOMPAS.com- Kalau kamu datang ke Jepara, Jawa Tengah, jangan sampai melewatkan berkunjung ke Pulau Panjang. Pulau ini memiliki pesona alam memikat, yang bisa menjadi alternatifmu berwisata selain ke Karimunjawa.

Tarif yang relatif terjangkau, serta waktu penyeberangan yang singkat hanya berkisar 20 menitan, membuat Pulau Panjang banyak didatangi wisatawan.

Nah, jika Kamu berkunjung ke Pulau Panjang, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama di pulau ini:

Tak hanya Karimunjawa, tempat snorkeling di Jepara bisa pula dilakukan di Pulau Panjang. Perairan dangkal di pulau ini bisa digunakan untuk melihat pemandangan bawah laut.

Untuk peralatan, tak perlu khawatir, Pulau Panjang menyediakan peralatan snorkeling yang bisa kamu sewa.

Pulau Panjang memiliki area pasir putih pantai yang lumayan luas.

Jika kunjunganmu ke pulau ini tak sampai menginap, kamu bisa menghabiskan waktumu bermain-main di pasir pantai sembari menikmati birunya lautan.

Jika berencana menginap, kamu bisa mendirikan tenda di sisi-sisi pinggiran pantai. Cukup banyak traveler yang mendirikan tenda saat musim liburan tiba.

Jika kamu tidak membawa tenda, di pulau ini terdapat beberapa penyewaan tenda yang bisa kamu sewa dengan harga kisaran Rp 50.000.

Pulau Panjang masih sangat asri. Pulau ini merupakan kawasan hutan kota, tempat perkembangbiakan alami satwa darat maupun laut milik Pemerintah Kabupaten Jepara.

Jika datang kemari, kamu akan menemukan banyak jenis-jenis tumbuhan hutan, serta berbagai jenis burung.

Menyusuri pulau ini Kamu bisa melewati jalan setapak berbatu yang di sisi kiri kanannya berupa pepohonan. Kamu juga bisa melipir ke sisi pinggiran laut untuk mencari ketenangan. Atau Kamu bisa menyewa sepeda untuk dibawa keliling pulau.

5. Kulineran

Saat datang ke Pulau Panjang Kamu tak perlu khawatir kelaparan. Ada beberapa pedagang di Pulau ini. Sembari menikmati syahdu suasana di Pulau Panjang kamu bisa jajan panganan maupun memesan makanan yang dijual.

Saat kamu ke Pulau Panjang, kamu bisa sekalian berziarah ke Makam Syeikh Abu Bakar yang merupakan salah satu ulama di Jepara pada zaman dahulu.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/15/130200527/20-menit-menyeberang-6-hal-ini-bisa-dilakukan-di-pulau-panjang-jepara

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+