Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Destinasi Wisata Di Sumba, Pesonanya Indah Tiada Tara

Jika suatu hari kamu berkunjung ke Sumba, berikut beberapa rekomendasi tempat keren di Sumba yang layak masuk list sebagai tempat yang wajib kamu kunjungi:

1. Bukit Warinding

Namanya Bukit Warinding, pemandangannya bikin merinding saking eloknya. Bukit Warinding memiliki pesona hamparan rumput yang berbeda warna saat berbeda musim.

Topografi Bukit Warinding berlapis-lapis, lokasinya pun tak begitu jauh dari Waingapu. Asyiknya medan menuju ke Bukit Warinding tidaklah berat. Cocok untuk kamu yang suka menikmati pemandangan cantik namun malas keluar banyak tenaga.

Air terjun ini ditemukan oleh Erik, bocah yang ketika itu berusia 13 tahun. Perjalanan untuk menuju air terjun ini memang agak susah karena licin dan jaraknya cukup jauh.

Namun Air Terjun Wai Marang memiliki pesona yang menakjubkan dengan airnya yang begitu jernih. Dengan bebatuan di sekelilingnya yang terlihat unik.

Saat berada di tempat ini pengunjung bisa menceburkan dirinya di kolam yang terbentuk karna air terjun ini.

Meskipun jalan menuju Danau Weekuri cukup rumit, tetapi Danau Weekuri memiliki air yang bening kebiruan, selalu biru meski langit mendung. Pasir putih membentang indah di sepanjang tepi danau dan di bagian tertentu dasar danau pun bisa tampak.

Danau Weekuri berlokasi di Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Berbagai jenis burung endemik Sumba, seperti julang sumba, kakatua jambul jingga serta berbagai jenis lainnya tinggal di tempat ini.

Air Terjun Matayangu memiliki air yang jernih. Air tersebut terlihat keluar dari lobang gua, dan mengalir membentuk cekungan di bawahnya yang nampak berwarna biru bersih.

Aliran sungai Matayangu pun nampak eksotis dimana biru muda cerah terlihat menyatu dengan bebatuan sekitar dan asrinya pepohonan.

Puru Kambera menghadirkan pesona pantai nan elok dengan deretan cemara-cemara yang berbaris rapi seolah ditata manusia. Namun, sesungguhnya pohon cemara yang berusia 1 tahun hingga 20 tahun itu tumbuh secara alamiah.

Cemara-cemara tersebut membentang sepanjang bibir pantai, sekitar 10 km, dengan lebar ke darat hanya sekitar 50 meter.

Puru Kambera, 25 kilometer arah timur Waingapu, ibu kota Kabupaten Sumba Timur, NTT

Topografinya berbukit-bukit dan curam dan berada pada ketinggian 800 mdpl. Walaupun memerlukan usaha ekstra, tetapi dijamin Kamu akan terpukau dengan keindahan alamnya.

Jadi siapa yang berencana ke Sumba nih?

https://travel.kompas.com/read/2019/06/17/220500627/6-destinasi-wisata-di-sumba-pesonanya-indah-tiada-tara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke