Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral! Ini Dia Dusun Semilir Eco Park di Bawen yang “Instagramable”

Nama obyek wisata yang viral itu adalah Dusun Semilir. Keunikan arsitektur bangunan yang berbentuk seperti stupa candi dari kaca dan rangka besi langsung membuat obyek wisata ini ngehits dalam waktu singkat.

Hal itu terbukti dengan foto-foto obyek wisata ini yang menghiasi postingan berbagai akun Instagram wisata Semarang dan sekitarnya seperti @Jogjajateng @wisata_jateng, serta @agendasolo.

Dusun Semilir Ecopark tepatnya berada di Ngempe, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokasi obyek wisata ini sangat strategis karena dekat dengan gerbang tol Bawen dan di pinggir jalan utama Solo-Semarang.

Viral dalam Sekejap

Obyek wisata Dusun Semilir Eco Park mulai dibangun usai Hari Raya Idul Fitri tahun 2018. Selanjutnya trial opening baru dilaksanakan pada Selasa (28/5/2019). Tidak butuh waktu lama, Dusun Semilir langsung diserbu banyak wisatawan.

“Trafik (pengunjung) naik terus, bahkan hari Minggu kemarin kita sampai 16.000 pengunjung dan sempat bikin macet. Sempat kita harus tutup parkiran karena overload, saking antusiasnya pengunjung,” ujar Marcomm Manager Dusun Semilir, R Adjie Wibowo.

Adjie melanjutkan, eksterior dan interior Dusun Semilir sukses membuat penasaran banyak orang untuk mengunjunginya. Memang bentuk unik tersebut sangat instagramable dan pas digunakan untuk latar belakang berfoto.

“Kita belum sampai soft opening malahan, tetapi sudah viral terutama untuk spot fotonya karena masuk ke sini HTM Cuma Rp 5.000, dan spot-spot foto kita free tanpa dipungut biaya ke pengunjung,” lanjut dia.

Menurut Adjie, arsitektur bangunan depan nan unik terinspirasi dari bentuk stupa Candi Borobudur yang merupakan ikon provinsi Jawa Tengah. Total ada tujuh arsitektur stupa yang juga diambil dari logo Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, interior Dusun Sumilir juga tidak kalah menarik sebagai latar belakang foto. Bahkan ada pohon pule hidup yang menjulang tinggi sampai ke atas bangunan. Biasanya pengunjung germar berfoto dengan latar belakang pohon ini.

Masih Tahap Satu

Meski sudah diserbu banyak wisatawan, Dusun Semilir masih dalam tahap pembangunan. Sekarang ini yang sudah selesai adalah pembangunan tahap satu, meliputi bagian depan, jembatan senggol dari kayu, dan Resto Sepoi-sepoi.

“Pengunjung yang datang saat ini bisa menikmati fasilitas berupa kuliner di Jembatan Senggol, di bawah food court, spot foto free, dan belanja di pusat oleh-oleh. Sementara seperti itu,” ujar Adjie.

Meski demikian, interior dan eksterior bangunan Dusun Semilir memang menjadi daya tarik yang kuat bagi para pengunjung. Menurut Adjie, banyak orang yang mengira jika bentuk bangunan seperti bawang, atau malah botol.

Ke depannya, pembangunan Dusun Semilir Eco Park akan terus berlanjut. Nantinya akan dibangun berbagai fasilitas seperti wisata oleh-oleh, wisata foto, permainan, sungai buatan, miniatur kampung eropa, mini zoo, danau buatan, glamping, resort, outbound, dan permainan.

“Semua  fasilitas itu akan berdiri di lahan seluas 14 hektar. Itu sudah sampai danau buatan di belakang, ada resort, ada glamping. Nanti kita rencana grand opening di bulan Desember 2019,” imbuh dia.

Seiring waktu, spot-spot foto di Dusun Semilir ini akan terus bertambah. Saat ini ada beberapa spot foto yang masih dibangun. Adjie mengatakan, begitu spot itu selesai dibangun, pengunjung bisa menggunakannya untuk berfoto.

Saat ini harga tiket masuk Dusun Semilir hanya Rp 5.000 per orang. Tarif parkir adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk bus. Sementar spot foto bisa dinikmati pengunjung secara gratis.

Pengunjung yang ingin bersantap di Jembatan Senggol dan resto Sepoi-sepoi harus menggunakan transaksi cashless. Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan kartu khusus yang di-top up.

Kartu bisa didapatkan seharga Rp 50.000, dengan rincian Rp 10.000 untuk deposit dan Rp 40.000 berupa saldo yang bisa digunakan untuk berbelanja. Jika saldo tidak mencukupi, pengunjung bisa melakukan top up.

Dusun Semilir buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB. Namun saat akhir pekan atau hari libur, jam bukanya adalah sampai 22.00 WIB.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/18/092200627/viral-ini-dia-dusun-semilir-eco-park-di-bawen-yang-instagramable-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke