Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Belum Pernah Naik Gunung? Cobalah Mendaki Gunung Sepikul di Sukoharjo

Namun jika kamu belum pernah melakukan pendakian gunung sebelumnya, disarankan untuk mulai mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi. Perlu beberapa persiapan, mulai fisik hingga mental agar kamu siap mendaki gunung yang tinggi.

Selain itu, mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi juga bisa menjadi salah satu persiapanmu untuk mendaki gunung yang tinggi. Gunung Sepikul menjadi salah satu tujuan yang bisa kamu jajal untuk mencicipi sensasi pendakian gunung.

Lokasi Gunung Sepikul tepatnya berada di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari pusat Kota Sukoharjo adalah sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 30 menit.

Gunung yang Ramah untuk Pemula

Gunung Sepikul tidaklah tinggi. Waktu tempuh ke puncak gunung hanyalah 10-15 saja dengan jalur pendakian yang mudah untuk ditapaki. Jalur juga sangat jelas sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

Kamu tidak perlu khawatir akan menemukan tanjakan terjal nan panjang yang menyebabkan fisik terkuras. Memang jalur menanjak, tetapi tanjakannya tidak terlalu terjal sehingga mudah dilalui.

Menjelang puncak, medan yang ditapaki terdiri dari batuan. Namun, kondisi batuan masih mudah ditapaki karena tidak longsor saat dipijak. Meski demikian, kamu tetap harus berhati-hati karena risikonya fatal jika sampai terjatuh.

Puncak Gunung Sepikul cukup luas dan bisa menampung puluhan orang. Namun, tidak ada permukaan yang datar sehingga kurang pas dihunakan untuk berkemah. Spot terbaik ada di sisi selatan puncak.

Keindahan Panorama Alam Gunung Sepikul

Meski bukan merupakan gunung yang tinggi, panorama alam yang tersaji di puncak Gunung Sepikul begitu menawan. Mulai dari sisi selatan, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pegunungan yang memanjang bagaikan tembok raksasa berwarna hijau.

Tampak sebuah batu besar di puncak pegunungan yang berada tepat di selatan Gunung Sepikul. Itu merupakan Puncak Gunung Gajah Mungkur yang menurut Google Maps merupakan titik tertinggi Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu di ufuk timur, Gunung Lawu akan menampakkan dirinya ketika cuaca cerah. Gunung setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl) bisa kamu jadikan motivasi untuk terus mempersiapkan fisik agar misa mencapai puncaknya.

Pemandangan terbuka ke ufuk timur juga membuat pesona keindahan matahari terbit dapat disaksikan dengan indah. Tentunya keindahan matahari terbit akan tersaji saat cuaca cerah dan tidak ada awan atau kabut di ufuk timur.

Pemandangan ke arah barat juga tidak kalah indah. Pemandangan terbuka ke arah barat juga akan menghiasi pandanganmu. Saat cuaca mendukung, keindahan matahari terbenam bisa kamu saksikan dari puncak Gunung Sepikul ini.

Tampak pula di ujung kaki langit sebelah barat double M atau Gunung Merapi dan Merbabu yang terlihat berdampingan. Sementara itu, panorama terbuka ke arah cakrawala bisa kamu saksikan di sisi utara.

Tentu keindahan panorama ke segala arah yang tersaji di puncak Gunung Sepikul sangat mendamaikan. Semua itu semakin menentramkan dengan embusan angin yang seolah menerbangkan semua lelah dan penat dalam tubuh.

Saat matahari mulai terbenam, lebih baik kamu segera turun gunung. Turun gunung saat hari sudah gelap tentunya menyusahkan karen kamu akan kesulitan melihat pijakan.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/18/132400727/belum-pernah-naik-gunung-cobalah-mendaki-gunung-sepikul-di-sukoharjo

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+