Salin Artikel

Memperkenalkan Kuliner Pesisir Flores lewat Nagekeo Seafood Festival

Festival ini mengangkat berbagai potensi yang dimiliki kabupaten/kota masing-masing, seperti festival budaya, alam, tenun, serta kuliner khas masyarakat.

Gubernur Laiskodat menekankan kepada pimpinan di 23 kabupaten dan kota harus gencar mempromosikan potensi yang unik di NTT lewat berbagai festival.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, dengan spirit "Bela Beli Nagekeo" menyelenggarakan Nagekeo Seafood Festival yang berpusat di Pantai Nangadhero, Kecamatan Aesesa. Ini merupakan festival makanan laut pertama di NTT.

“Selama ini pemerintah selalu menyelenggarakan festival budaya, alam dan belum menggarap festival kuliner khas makanan laut yang ada di perairan di Pulau Flores. Untuk itu, Kabupaten Nagekeo menggarapnya dengan menggelar Nagekeo Seafood Festival 2019 ini,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/6/2019).

Johanes menjelaskan, kekayaan alam, budaya dan sumber daya kelautan di Kabupaten Nagekeo yang berada di bagian utara dan selatan harus dipromosikan seluas-luas dengan berbagai tindakan nyata.

“Sejak pelantikannya, Bupati Yohanes bersama Wakilnya menggugah masyarakat, terutama kaum muda, agar terus mengaktualisasikan kreativitas dan jiwa kepemimpinan melalui berbagai aktivitas positif dan produktif," katanya.

Johanes menjelaskan, Nagekeo Seafood Festival bertujuan untuk memberikan perhatian bagi nelayan. Festival ini untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan yang selama ini hasil tangkapannya hanya dijual di pasar tradisional.

Johanes menjelaskan, festival ini hendak membangkitkan nelayan kabupaten tersebut. Era digital saat ini harus kreatif dalam mempromosikan potensi daerah yang melibatkan generasi muda di Kabupaten Nagekeo.

“Saatnya generasi muda tidak boleh menyerah dengan keadaan yang ada. Namun, generasi muda harus aktif mengangkat potensi daerah yang unik. Kuliner-kuliner lokal harus dipromosikan dengan berbagai festival,” katanya.

Pemuda Nagekeo Harus Bangkit

Johanes menjelaskan, sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Nagekeo merupakan peluang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemuda Nagekeo memiliki kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan potensi daerah di era digital saat ini.

“Pemuda Maupongo sudah sukses menyelenggarakan Festival Pantai Enagera belum lama ini. Festival itu memicu generasi muda di seluruh Kabupaten Nagekeo untuk menyelenggarakan festival sesuai dengan potensi yang ada di Kecamatan masing-masing,” katanya.

Bakar 1.000 Ikan

Johanes menjelaskan, saat puncak Nagekeo Seafood Festival, nelayan di Kampung Nangadhero akan bakar 1.000 ikan. Selain bakar ikan, jenis kuliner lainnya akan dipamerkan di berbagai stand yang dilakukan warga setempat. Bahkan, saat itu dipamerkan cokelat hasil produksi dari masyarakat Maunori.

“Saat dilangsungkan festival tersebut, pementasan budaya khas Nagekeo serta talk show dan pementasan musik menghidupkan suasana saat kegiatan berlangsung,” jelasnya.

Libatkan TNI Angkatan Laut Maumere

“Anggota TNI Angkatan Laut Maumere dan Pos Angkatan Laut di Kabupaten Nagekeo terlibat bersama masyarakat dengan gerakan membersihkan sampah dan mempromosikan pariwisata seperti Pantai Pasir Putih Rii Taa,” kata Johanes.

Festival Kedua di Era Johanes 

Pegiat Nagekeo Seafood Festival 2019, Yohanes Lado kepada Kompas.com, Senin (17/6/2019) menjelaskan, Nagekeo Seafood Festival merupakan festival kedua selama Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dan Wakil Bupatinya yang belum setahun memimpin kabupaten tersebut.

“Setelah pemuda Maupongo sukses menyelenggarakan Festival Pantai Enagera maka pemuda bahari di Pantai Nangadhero menyelenggarakan festival bahari dengan menghadirkan makanan laut yang ada di pesisir pantai utara dari Kabupaten Nagekeo," katanya.

“Kini pemuda Nagekeo bangkit menyelenggarakan berbagai event lokal sesuai dengan potensi yang dimiliki. Selanjutnya, pemuda di bagian tengah dari Kabupaten Nagekeo akan menggelarkan festival makan lokal yang dimasak dengan periuk tanah dan bambu. Selain itu akan menggelar festival makan cokelat di bagian Maunori,” tambah Lado.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/19/182500327/memperkenalkan-kuliner-pesisir-flores-lewat-nagekeo-seafood-festival

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.