Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Merinding, 3 Kampung Gaib yang Dipercaya Ada di Indonesia

Salah satu hal mistis yang hingga kini masih dipercaya dan meninggalkan misteri di benak banyak orang adalah keberadaan Kampung Gaib. Berikut ini 3 kampung gaib yang dipercaya ada di beberapa daerah di Indonesia:

1. Kampung Saranjana

Banyak kisah yang beredar tentang Kota Saranjana. Kota ini dipercaya ada di Kalimantan Selatan.

Untuk lokasi tepatnya, banyak yang percaya bahwa Saranjana berada di Pulau Halimun atau yang dikenal pula dengan Pulau Laut, ibu kota Kabupaten Kotabaru.

Kisah-kisah mistis Kampung Saranjana yang beredar di masyarakat adalah kampung tersebut merupakan perkampungan yang sangat maju.

Jalan-jalan lebar banyak terdapat di kota tersebut, dan gedung-gedung tinggi banyak dibangun. Buah-buahan pun tumbuh subur dan besar-besar tidak seperti yang ada di dunia nyata.

Para penduduknya juga merupakan orang-orang yang memiliki wajah cantik dan tampan melebihi di sini.

Meski terdengar menarik, konon bagi siapa pun yang mencoba masuk ke kota tersebut, tak akan bisa kembali lagi.

Beberapa cerita menyebut, pernah ada beberapa kejadian aneh yang dialami oleh beberapa orang. Seperti pernah ada beberapa alat berat yang katanya diantar ke dekat kota tersebut.

Konon pada 1980-an, pemerintah setempat dikagetkan oleh kedatangan sejumlah alat berat pesanan dari Jakarta.

Semua alat berat dengan nilai sangat mahal itu dipesan seseorang dengan alamat Kota Saranjana dan telah dibayar lunas. Padahal, Kota Saranjana di alam nyata secara administratif tidak ada di Kabupaten Kotabaru.

Namun yang aneh, pada tahun 1845, kota ini sempat ada di dalam peta buatan Salomon Muller. Dalam peta itu ada wilayah bernama Tandjong (hoek) Serandjana.


2. Wentira

Sama halnya dengan Saranjana, banyak yang percaya bahwa Wentira juga merupakan sebuah perkampungan modern dengan bangunan-bangunan yang megah, dengan penduduk yang cantik dan gagah.

Kota Wentira konon adalah tempat kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

Menurut warga sekitar banyak gerbang untuk menuju ke Kota Wentira. Salah satunya adalah di area Kebon Kopi yang ada di Donggala.

Hingga kini Wentira masih menyisakan misteri bagi banyak orang.


3. Padang 12

Kampung gaib selanjutnya adalah Padang 12. Padang 12 merupakan kota gaib yang dipercaya ada di Ketapang, Kalimantan Barat.

Konon, kota gaib Padang 12 terdapat suku gaib bernama Limun. Kerajaan Padang 12 ini berlokasi di sebuah lahan kosong yang dipenuhi pasir dengan dikelilingi pohon pinus di daerah Kalimantan Barat.

Dinamai Padang 12 karena luas daerah ini adalah 12 Km persegi. Cerita yang beredar para penduduk Padang 12 kerap muncul di dunia nyata dan kerap bertransaksi dengan penduduk menggunakan kunyit yang kemudian bisa berubah menjadi emas.

Banyak yang percaya, bahwa hanya mereka yang berhati bersihlah yang ditemui oleh warga Padang 12.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/20/212100727/bikin-merinding-3-kampung-gaib-yang-dipercaya-ada-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke