Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ke Istana Matsuyama Jepang, Ini Aktivitas Unik yang Bisa Kamu Lakukan

Kota ini merupakan ibu kota provinsi atau Prefektur Ehime dan menjadi wilayah terbesar di Pulau Shikoku, Jepang.

Nantinya di Kota Matsuyama, Kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat yang sarat akan cerita masa lalu. Salah satunya adalah Kastil Matsuyama.

Kastil ini menjadi salah satu dari 12 kastil asli Jepang yang masih ada sejak zaman dahulu hingga masa sekarang.

Berusia sekitar 400 tahun, Kastil Matsuyama atau yang sering dipanggil pula dengan Istana Matsuyama, merupakan kastil tua di Jepang yang berdiri di puncak Gunung Katsu.

Selain memiliki nilai sejarah yang kental, berikut ini hal-hal unik yang bisa kamu lakukan saat berada di Istana Matsuyama. Yuk simak, biar kamu makin penasaran untuk segera melihatnya langsung:

Salah satu hal yang menarik dari Kastil Matsuyama, adalah menuju ke sana pengunjung bisa naik di atas kursi gantung.

Dengan menggunakan kursi gantung ini pengunjung sampai ke depan pintu masuk waktunya hanya sekitar 5 menit. Jauh lebih cepat dibandingkan harus mendaki yang membutuhkan waktu sampai 15 menit.

Kursi gantung ini cukup menyenangkan, karena pengunjung akan mendapatkan sensasi mengunjungi tempat wisata dengan cara berbeda. Sembari duduk melihat pemandangan, kursi akan bergerak perlahan ke atas.

Meskipun tak memiliki pengaman, namun kursi ini cukup aman karena di bawah terpasang jaring. Untuk naik kursi gantung di Kastil Matsuyama, wisatawan hanya perlu merogoh uang 270 yen atau sekitar Rp 35.000

Jika sampai pada bangunan inti Kastil Matsuyama, pengunjung bisa melakukan tur di dalam ruangan.

Sejumlah area ditata dalam istana tersebut lengkap dengan beragam informasi mengenai sejarah Matsuyama, pakaian kerajaan, aneka senjata perang kuno, serta ruang pengintaian.

Untuk masuk ke dalam kastil, setiap pengunjung dikenakan tarif 510 yen (sekitar Rp 66.000). Tiket dijual di pos sebelum memasuki donjo atau bangunan utama

3. Wajib Mentaati Aturan-aturan Uniknya

Istana Matsuyama memiliki beberapa aturan yang harus ditaati. Diantaranya adalah aturan saat memasuki ruang-ruang khusus di dalam istana. Seperti aturan dimana pengunjung perlu berganti alas kaki berupa sandal karet. 

Serta aturan yang lain adalah pengunjung harus menunduk ketika melewati ruang-ruang tertentu.

Kastil Matsuyama sangatlah indah. Di halaman ini ditumbuhi bunga sakura. Menariknya, bunga khas Jepang yang tumbuh di area Kastil Matsuyama ada cukup banyak yakni 200 buah.

Panorama semakin mempesona jika datang ketika bunga sakura bermekaran pada musim semi. Halaman kastil akan berwarna-warni.

Saat musim semi, kastil ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk melihat bunga Sakura.

Di lantai satu Donjon, dipamerkan barang-barang peninggalan bersejarah seperti jubah-jubah perang yang dipakai para samurai, tombak berbagai ukuran, katana, hingga senjata api kuno

Di sana, pengunjung bisa memegang katana, pedang panjang Jepang yang disimpan di dalam boks kaca. Meski hanya gagang pedang yang berada di luar boks. Pengunjung bisa menjajal seberapa berat pedang yang dipakai para prajurit.

Ada pula ruangan untuk mencoba jubah perang atau pakaian tradisional Jepang. Anda bisa berfoto sebagai kenang-kenangan.

Lantai 3 Kastil Matsuyama adalah tempat terbaik untuk para penyuka ketinggian. Di lantai teratas ini, pengunjung bisa melihat panorama 360 derajat dari lubang jendela.

Dari ketinggian ini terlihat pegunungan, suasana kota Matsuyama, langit biru, hingga lautan di kejauhan ditambah dinginnya hembusan angin. Kawanan burung terkadang terbang melintas menimbulkan suasana yang syahdu.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/21/070300227/ke-istana-matsuyama-jepang-ini-aktivitas-unik-yang-bisa-kamu-lakukan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke