Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Wisata Berhawa Dingin di Karanganyar Solo, Cocok untuk Hilangkan Penat

Tak hanya suhu dingin, melainkan pemandangan di sekitar Karanganyar juga sangat elok dan asri.

Nah, jika kamu berencana menjadikan Karanganyar sebagai pilihan wisata di dekat Kota Solo, berikut beberapa tempat wisata Karangayar yang cukup asyik untuk dikunjungi.

Berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut otomatis membuat tempat ini sejuk.

Selain bersejarah, candi ini cukup unik. Menjadikan Candi Cetho sebagai pilihan wisata Karanganyar adalah pilihan yang tepat.

Saat kemari, kamu wajib memakai kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang.

Bentuk-bentuk candi di Komplek ini juga menarik. Nilai artistic dari bangunannya, dipadu dengan alam di sekitarnya, membuat Candi Cetho sangat instagramable dijadikan sebagai lokasi berfoto

Lokasi kebun teh ini berada sebelum Candi Cetho. Sehingga sebelum kemari, kamu bisa mampir untuk berfoto-foto.

Selain perkebunan teh yang luas, di sekitar tempat ini terdapat beberapa wahana seperti arena untuk river tubing, outbound, serta beberapa kedai teh yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati teh kemuning.

Kebun Teh Kemuning berada di Ngargoyoso Karanganyar.

Air terjun ini memadukan kealamian air terjun yang cukup deras, alam yang asri serta spot buatan seperti kolam renang. Di tempat ini terdapat pula beberapa penjual sate kelinci yang bisa Kamu jadikan pilihan kuliner khas.

Jika ingin mendapatkan foto yang instagramable, maka ambilah gambar dengan background jembatan kayu dan air terjun yang terlihat cantik dari kejauhan.

Pengelola telah menambahkan beberapa spot foto dengan latar belakang hamparan Pergunugan Lawu Selatan yang membentang di sisi selatan Gunung Lawu. Terdapat spot foto bertuliskan “I Love You” serta spot foto berbentuk kapal.

Tak hanya indah dan instagramable, spot foto itu juga romantis. Apalagi udara yang berhembus terasa sejuk, makin menambah suasana syahdu saat berkunjung kemari. Pilihan yang tepat wisata Karanganyar bareng pasangan

Ragam tanaman ini ditata dengan cantik dan dirawat dengan baik. Datang ke Rumah Atsiri Indonesia, tak hanya mendapatkan hasil foto yang keren, tapi sekaligus bisa belajar tentang minyak atsiri sekaligus mencicip makanan dan minumannya yang berunsur “atsiri” di restaurannya

Tak hanya itu, datang kemari kamu sekaligus bisa belajar sejarah. Rumah Atsiri dulunya adalah sebuah pabrik. Selesai dibangun pada tahun 1967, dahulu pabrik yang merupakan kerja sama Indonesia-Bulgaria ini mengolah minyak atsiri dari bahan utama serai wangi atau citnorella.

Berlokasi di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Rumah Atsiri hanya berjarak sekitar 41 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam 15 menit.

6. Keceh di Grojogan Sewu

Lokasi ini merupakan wisata yang ikonik di Karanganyar. Air terjun yang mengalir deras dari ketinggian sekitar 81 meter ini membuatnya dinamai Gerojogan Sewu.

Alam di tempat ini masih asri, untuk menuju  ke air terjun, pengunjung diharuskan menuruni anak tangga terlebih dahulu.

Anak tangga di Grojogan sewu cukup unik lantaran jumlahnya cukup banyak. Ada yang menyebut anak tangga tersebut berjumlah lebih dari 1.250 anak tangga.

7. Bukit Mongkrang

Bukit Mongkrang terletak di sisi selatan Gunung Lawu. Lokasinya berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk bisa ke wisata Karanganyar ini, pendakian bisa dimulai dari Telogo Dlingo, dekat Cemara Kandang.

Daya tarik awal Bukit Mongkrang yang sempat membuat tempat ini hits adalah padang bunga ilalang. Meski kini memang sudah tidak ada, namun, hal itu bukan berarti mengurangi keindahan yang tersaji di sana.

Bukit Mongkrang tetap menyajikan panorama alam yang begitu indah. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan ke arah utara yang begitu mengagumkan. Tampak di hadapanmu Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Terlihat pula asap belerang yang mengepul dari Kawah Lawu, Candradimuka.

Selain itu, pemandangan ke arah barat juga tidak kalah indah. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat keindahan gunung-gunung lain yang berbaris rapi di kaki langit sebelah barat.

Salah satu yang khas dari tempat ini adalah di Lembah Sumilir, kamu akan menemukan sebuah rumah hobbit. Di samping rumah hobbit, kamu bisa menikmati pemandangan dan keindahan alam di sekitar Lembah Sumilir. Pepohonan yang rindang dan asri membuat kawasan ini semakin indah.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/25/180700427/8-tempat-wisata-berhawa-dingin-di-karanganyar-solo-cocok-untuk-hilangkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke