Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau ke Dieng Lihat Embun Es? Begini Transportasi ke Dieng dari Jakarta

Suhu Dieng bahkan mencapai minus 9 derajat. Untuk Kamu yang merasa tertarik datang ke Dieng guna melihat fenomena embun beku Dieng tapi bingung bagaimana cara menuju Dieng, berikut KompasTravel mencoba membuat panduan menuju Dieng apabila ditempuh dari Jakarta.

Ada dua cara menuju Dieng dari Jakarta menggunakan transportasi umum. Yakni menggunakan kereta yang disambung bus, dan yang kedua adalah menggunakan bus langsung ke Wonosobo.

Artikel kali ini membahas bagaimana menuju Dieng dari Jakarta. Keuntungan menggunakan bus jika dibandingkan kereta saat ke Dieng lantaran penggunaan bus cenderung lebih praktis dimana penumpang bisa langsung sampai ke Wonosobo.

Berikut rincian bagaimana caranya menuju Dieng menggunakan moda transportasi berupa Bus:

1. Carilah Bus dari Jakarta ke Wonosobo

Untuk mencapai Wonosobo, ada cukup banyak pilihan bus, seperti Sinar Jaya, Pahala Kencana, Rosalia, Sumber Alam dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara untuk bus Rosalia Indah melalui web resminya,  https://www.rosalia-indah.co.id/  tarif menuju Wonosobo adalah Rp 160.000 dengan waktu keberangkatan pukul 17.30 WIB.

2. Turun di Terminal Mendolo

Perjalanan dari Jakarta menuju Wonosobo berkisar 12 jam. Nantinya, wisatawan bisa turun di Terminal Mendolo Wonosobo.

Sebenarnya, penumpang bisa pula turun di Kota, namun keuntungan turun di terminal adalah penumpang bisa beristirahat dahulu usai perjalanan jauh, dan adanya beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti toilet, warung-warung penjual makanan, mushala dan tentunya ada petugas resmi yang bisa ditanyai jika membutuhkan informasi.

3. Naik Mikro Mini

Arifin, salah seorang petugas Terminal Mendolo saat dihubungi KompasTravel, Selasa (25/6/2019) menyebutkan, dari Terminal Mendolo menuju ke Dieng bisa menggunakan Mikro Mini.

“Nanti ada Mikro Mini yang bisa langsung membawa ke Dieng,” katanya.

Mikro Mini berangkat setelah menunggu penumpang penuh. Mikro mini selalu ada dan biasanya melayani penumpang sampai sekitar pukul 17.00 WIB. Dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam perjalanan.

Nantinya wisatawan bisa turun di pertigaan “Villa Bu Djono” atau tulisan tugu bertuliskan “Welcome to Dieng”.  Selanjutnya wisatawan bisa memilih berwisata terlebih dahulu, ataupun mencari penginapan.

Kawasan Dieng memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bun Upas sendiri bisa dilihat di sekitar Komplek Candi Arjuna.

Selain Candi Arjuna, terdapat beberapa wisata lain yang saling berdekatan dan sayang dilewatkan, seperti Kawah Sikidang, serta Telaga Warna.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/26/123900927/mau-ke-dieng-lihat-embun-es-begini-transportasi-ke-dieng-dari-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke