Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suhu Ekstrem di Gunung Lawu, Ini Alternatif Wisata Selain Mendaki

Tono, salah satu pengelola pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui jalur Singo Langu, mengatakan, “Ada yang menginformasikan, suhu di puncak mencapai minus 3 derajat celsius. Di sini (Singo Langu) kemarin suhunya 9 derajat celcius,” ujarnya di pos pendakian Singo Langu Senin (24/6/2019). 

Meskipun jalur pendakian Lawu masih dibuka, tetapi untuk kamu yang tidak berani mendaki lantaran khawatir suhu yang sedang rendah, berikut KompasTravel memberikan beberapa alternatif wisata dekat lawu yang bisa Kamu datangi tanpa harus mendaki:

1. Kulineran di sekitar Cemoro Kandang maupun Cemoro Sewu

Tanpa mendaki, kamu bisa kulineran di sekitar Basecamp Gunung Lawu Cemoro Sewu maupun Cemoro Kandang. Di tepian jalan, banyak dijumpai warung makan yang bisa kamu gunakan untuk pilihan kuliner.

Pun, mencicip cilok maupun semangkuk bakso hangat bisa pula kamu lakukan untuk melawan hawa dingin yang berhembus.

Kalau kamu pengen menikmati waktu di tepian telaga, maka Kamu bisa menjajal datang ke Telaga Sarangan.

Di Telaga ini selain hawa sejuk yang berhembus, pemandangan di sekitar tempat ini juga menarik. Pun ragam aktivitas bisa kamu lakukan, salah satunya adalah naik kapal cepat untuk keliling telaga.

Telaga Wahyu memang tidak seluas Telaga Sarangan. Luas Telaga Wahyu sekitar 10 hektar dengan kedalaman kurang-lebih 16 meter.

Meski demikian, telaga ini tidak kalah indah dengan Sarangan. Terletak di lereng Gunung Lawu, udara di Telaga Wahyu begitu sejuk.

Selain itu, kunjungan di telaga ini juga masih belum ramai seperti Sarangan sehingga suasanaya cukup tenang.

Berada di tempat ini wisatawan bisa berkeliling telaga sembari naik bebek kayuh.

4. Melihat Air Terjun Tirtosari

Air Terjun Tirtosari, lokasinya tak jauh dari Telaga Sarangan. Datang ke Sarangan kamu bisa sekaligus melanjutkan eksplorasi ke air terjun ini.

Air Terjun ini juga memiliki nama lain yakni Air Terjun Ngadiloyo.

Untuk mendekat ke arah air terjun, pengunjung diharuskan menaiki beberapa anak tangga. Jika ingin berfoto-foto, pengunjung bisa menjadikan air terjun, tangga serta jembatan sebagai background.

Air terjun seolah bertingkat, terlihat apik, apalagi dipadu dengan suasana alamnya yang masih asri

5. Datang Ke Lawu Park

The Lawu Park berada di ketinggian. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati panorama Gunung Lawu dan hutan pinus saat berada di sini. The Lawu Park merupakan wisata alam, taman rekreasi dan bermain, wisata kuliner, dan forest resort.

Ada fasilitas resto, resort dan taman wisata serta lezatnya kuliner seperti nasi liwet strawberry, empal gepuk, aneka daging bakar, iga penyet, ayam dan ikan bakar/goreng, sego jagung, shabu-shabu, steam boat, dan nikmatnya kopi Lawu.

Selain itu, ada juga taman bermain bertema Taman Kelinci, Taman Cempe, Taman Coboy, Taman Jepang, Taman Pawon Sewu, Taman Pasar Dieng Gunung Lawu, dll.

Lokasi Lawu Park berada di Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Di Mojosemi ada flying fox untuk anak-anak dan orang dewasa, archeri, ATV adventure, berkuda, istana bola, paintball, dino show dan sebagainya.

Di Mojosemi Forest Park, kamu bisa melihat dinosaurus show, menjajal wahana jeep, foto-foto di beberapa spotnya yang instagramable, serta bermalam di Lawu Forest Camp

7. Camping di Sekipan

Sekipan adalah sebuah bumi perkemahan yang berada di desa Kalisoro, kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Berada diantara hutan pinus membuat berkemah di sini menjadi seru. Terdapat beberapa fasilitas kamar mandi beserta spot-spot yang bisa digunakan untuk berfoto saat berada di sini.

https://travel.kompas.com/read/2019/06/27/190900327/suhu-ekstrem-di-gunung-lawu-ini-alternatif-wisata-selain-mendaki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke