Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Transportasi ke Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Tambi dari Jakarta

Kebanyakan pendaki Gunung Sindoro biasanya mendaki dari jalur pendakian Kledung. Hal itu karena lokasi Basecamp Kledung memang strategis, yakni di samping jalan utama Wonosobo-Temanggung via Kledung Pass.

Namun, menuju Puncak Gunung Sindoro ternyata bisa dijangkau melalui jalur lain. Salah satu jalur pendakian Gunung Sindoro adalah melalui Kebun Teh Tambi. Pendaki yang mendaki melalui jalur ini akan mencapai puncak Gunung Sindoro dari sisi selatan.

Salah satu Basecamp Pendakian Gunung Sindoro via Tambi adalah Sigedang. Basecamp Sigedang berada di Desa Sigedang, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

Menuju Basecamp Sindoro via Tambi (Sigedang) dari Jakarta

Basecamp Gunung Sindoro via Tambi (Sigedang) juga tak sulit dijangkau. Jika berangkat dari Jakarta, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menuju Kota Wonosobo.

Menuju Kota Wonosobo dari Jakarta salah satunya bisa dilakukan dengan naik bus. Ada beberapa bus dengan rute Jakarta yang langsung ke kota Wonosobo seperti Sinar Jaya atau Dieng Indah.

Nantinya bus antarkota antarprovinsi itu akan berhenti di Terminal Mendolo, Kota Wonosobo. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan oper naik bus kecil jurusan Wonosobo-Dieng.

Perjalanan bus kecil jurusan Wonosobo-Dieng tidak sampai Dieng. Kamu cukup memberi tahu kepada kernet bus jika perjalanan hanya sampai di Pertigaan Rejosari. Pertigaan itu merupakan percabangan antara jalur menuju Dieng dan Kebun Teh Tambi.

Tarif bus kecil dari Terminal Mendolo sampai Pertigaan Rejosari adalah sekitar Rp 20.000. Basecamp Sigedang hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari Pertigaan Rejosari. Perjalanan selanjutnya bisa dilakukan dengan naik ojek seharga sekitar Rp 10.000.

Transportasi umum dari Wonosobo-Basecamp Sigedang akan lebih mudah ditemukan pada pagi hingga sore hari. Jika kemalaman, maka lebih baik bermalam dahulu di basecamp.

Jakarta-Wonosobo naik kereta api

Menuju Kota Wonosobo ternyata juga bisa dilakukan dengan moda transportasi kereta api. Namun, perjalanan tidak benar-benar dilakukan dengan kereta api sampai Kota Wonosobo karena tidak ada rel kereta api di sana.

Menuju Wonosobo dengan kereta api bisa dilakukan dengan menggunakan angkutan terusan yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dari Stasiun Purwokerto.

Selanjutnya perjalanan menuju Basecamp Sigedang bisa dilanjutkan dengan oper angkutan umum bus kecil jurusan Dieng. Sama seperti sebelumnya, turun di Pertigaan Rejosari dan oper ojek sampai tujuan.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/09/211200827/panduan-transportasi-ke-basecamp-pendakian-gunung-sindoro-via-tambi-dari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke