Salin Artikel

SICC Bogor, Tempat Jokowi-Maruf Pidato Politik, Pernah Juga Digunakan Justin Bieber dan Katy Perry

KOMPAS.com – Di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Joko Widodo alias Jokowi dan Ma’ruf Amin menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2019, Minggu (14/7/2019) malam.

Sejumlah  tokoh hadir dalam acara pidato politik tersebut, antara lain para ketua umum partai politik, menteri, juga kepala daerah. Malam itu, gedung SICC Bogor penuh sesak oleh para pendukung Jokowi-Ma’ruf.

Namun tahukah Anda, tak hanya mampu menampung banyak orang, gedung konvensi yang terletak di Bogor, Sentul City, Jalan Jenderal  Sudirman, Cipambuan, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini juga menyimpan sejumlah fakta menarik. Berikut Kompas.com merangkumnya untuk Anda.

1. Sempat diklaim sebagai gedung konvensi terbesar di Asia Tenggara

SICC, dibangun di atas lahan seluas 6,4 hektare dengan luas bangunan 22.000 meter persegi. kamar SICC dapat menampung 11.000 orang di Hall Utama (ruang utama), dan 2.000 di kamar lain aula, lebih besar dari Jakarta Convention Center, Senayan. Bangunan ini merupakan bangunan multifungsi yang juga bisa menjadi spesialis untuk acara akustik.

Hasil sebuah pertemuan sempat mengklaim SICC mengklaim bangunan sebagai bangunan di konvensi terbesar di Asia Tenggara dan menghabiskan dana senilai Rp 170 miliar. Namun pada tahun 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berlokasi di BSD City sebagai gedung konvensi terbesar di Asia Tenggara.

2. Pernah Digunakan Justin Bieber hingga Katy Perry

Katy Perry menggelar konsernya di SICC pada tanggal 19 Januari 2012. Sedangkan Justin Bieber menggelar konser pada 23 April 2011.

3. Sempat tuai kontroversi

Dalam sejarah pembangunannya, penggunaan SICC Bogor sempat menuai kontroversi. Generasi Islam Babakan Madang Forum (Forgib)  merupakan tersangka manipulasi izin bangunan SICC dan menyatakan bahwa bangunan SICC akan menjadi pusat kegiatan keagamaan bahkan lebih mengarah ke keyakinan tertentu.

Selanjutnya Ketua SICC P2M, Sutadi Rusli, membantah bahwa SICC akan membangun sebuah gereja.

Dia menyatakan bahwa peruntukan SICC sedang membangun sebuah gedung pertemuan dan gedung serbaguna yang dapat digunakan oleh semua orang, termasuk semua agama yang diakui pemerintah. Alhasil hal ini menuai beragam aksi demonstrasi.

Hingga akhirnya Komisi C Kabupaten Bogor berhasil mendamaikan kedua belah pihak dan juga menolak tuduhan bahwa gedung ini akan digunakan sebagai tempat ibadah.

4. Sempat berganti nama
Adapun SICC merupakan gedung pertemuan komersial di daerah perumahan di Sentul City, Bogor, Jawa Barat, tepat di sisi jalan raya Jagorawi. Gedung ini dimiliki oleh Yayasan Kasih Untuk Bangsa.

Pada awalnya gedung ini dikenal sebagai Bukit Sentul Convention Center (BSCC), lalu berubah menjadi Sentul City Convention Center (SCCC) bersama dengan perubahan nama PT Bukit Sentul Tbk untuk PT Sentul City Tbk. Nama Sentul International Convention Center (SICC) telah digunakan sejak Mei 2009.

 

https://travel.kompas.com/read/2019/07/15/112307827/sicc-bogor-tempat-jokowi-maruf-pidato-politik-pernah-juga-digunakan-justin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.