Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rela Antre Tiga Jam demi Brisket Khas Texas yang Pernah Dicicip Jimmy Kimmel, Seberapa Enak Sih?

Namun, apa jadinya bila harus rela antre berjam-jam di bawah terik matahari demi mendapatkan hidangan tersebut?

Antrean seperti ini bisa ditemui setiap hari di sebuah restoran bernama Franklin Barbecue di Austin, Texas.

Franklin Barbecue dirintis oleh pemiliknya, Aaron Franklin, dari sebuah trailer kecil pada 2009 menjadi restoran yang menarik perhatian pecinta barbekyu seluruh dunia.

Kelezatan hidangan favorit dari Franklin Barbecue, yakni brisket, sudah dibuktikan oleh banyak orang hingga tokoh terkenal, seperti pembawa acara Jimmy Kimmel, mendiang koki selebriti Anthony Bourdain, hingga Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama.

Antre tiga jam

Kompas.com berkesempatan mencoba langsung pengalaman mengantre dan mencicipi brisket di Franklin Barbecue pada Selasa, 9 Juli 2019 lalu.

Ketika tiba di lokasi pukul 10.50 waktu setempat, antrean sudah mengular hingga ke bagian belakang restoran. Adapun jadwal restoran buka adalah pukul 11.00.

Antrean pembeli di Franklin Barbecue tidak biasa. Banyak dari pengunjung yang sudah siap sedia membawa kursi sendiri hingga kotak pendingin berisi minuman, mulai dari air mineral hingga bir, sembari menunggu restoran buka.

Pengunjung Franklin Barbecue beragam, mulai dari anak muda, keluarga, hingga lansia. Seakan sudah tahu akan menghadapi panas, tidak sedikit di antara mereka yang membawa topi, kacamata hitam, hingga mengenakan tabir surya.

Meski begitu, suasana mengantre di Franklin Barbecue merupakan suguhan menarik. Banyak di antara pembeli yang mengisi waktu menunggu dengan berbincang satu sama lain.

Sesekali karyawan Franklin Barbecue datang keluar mengecek para pembeli yang mengantre. Menariknya, bila datang antre lebih awal, para karyawan akan membawa sampel makanan untuk dibagikan secara gratis ke pembeli.

Rupanya antrean panjang ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong atau mereka yang belum pernah mencoba Franklin Barbecue.

Seperti Jay, turis dari Jepang yang sengaja datang ke Austin untuk mencoba Franklin Barbecue.

"Saya lihat dari internet, brisket di sini enak sekali. Saya pikir antreannya paling tidak seberapa, tapi sepertinya saya sudah menganggap remeh," kata Jay sembari tertawa.

Ketika sudah antre sekitar 2,5 jam, Kompas.com akhirnya masuk ke dalam restoran namun tetap harus menunggu sampai ada kursi kosong atau pembeli yang selesai makan.

Tepat sedikit lagi sampai di depan tempat memesan, karyawan Franklin Barbecue memberi tahu beberapa hidangan seperti ribs, pulled pork, dan turkey sudah habis.

"Yang masih ada tinggal brisket dan sausage," kata salah satu karyawan sambil berkeliling.

Mendengar hal itu, para pembeli semakin antusias untuk mendapatkan makanan mereka sebelum kehabisan.

Adapun suasana mengantre di dalam restoran merupakan pengalaman tersendiri, karena di sepanjang barisan pembeli ada deretan cinderamata dan kliping atau potongan berita tentang Franklin Barbecue yang menghiasi hampir seluruh dinding restoran.

Selain itu, nafsu makan seakan dipompa lebih lagi karena pembeli dapat melihat langsung pengunjung yang sedang makan di depan mereka.

Franklin Barbecue menjual hidangan dalam bentuk per pound atau per sandwiches, dengan rentang harga sekitar 25 dollar AS untuk per pound dan 11-15 dollar AS untuk sandwiches.

Kompas.com pertama-tama mencoba brisket yang dijual dalam bentuk sandwiches. Sekilas, brisket sandwiches mirip dengan hamburger, namun daging di dalamnya menggunakan brisket.

Ketika pertama kali menggigit, kesan empuk, gurih, dan sedikit berminyak jadi satu pada saat yang sama. Brisketnya sangat empuk dan wangi, dengan sedikit sensasi crispy di bagian pinggirnya.

Pada gigitan selanjutnya, coba saus yang disediakan di meja. Ada dua macam saus, yaitu yang manis dan yang pedas. Oh.., la... laaa... Sedap... sedap... sedaaap....

Sausage atau sosisnya juga tidak kalah menarik. Ukuran sosis yang agak besar membuat pembeli harus memotongnya terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

Untuk teman makan, Franklin Barbecue menyediakan berbagai macam minuman, mulai dari soda hingga bir, termasuk bir lokal Austin dan Texas. Juga ada air mineral berikut dengan es batu yang dapat diisi ulang sesuka pembeli.

Franklin Barbecue buka mulai dari pukul 11.00, hari Selasa sampai Minggu dan libur tiap hari Senin.

Tidak ada jam tutup yang pasti untuk restoran ini, namun biasanya mereka menjual habis semua makanan pada pukul 02.30.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/16/110000227/rela-antre-tiga-jam-demi-brisket-khas-texas-yang-pernah-dicicip-jimmy-kimmel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke