Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Memotret Gerhana Bulan Terakhir Tahun 2019? Bawa 7 Benda Penting Ini

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan sebagian ini akan dimulai pukul 03.01 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 04.30 WIB. Gerhana bulan kemudian berakhir pada pukul 06.00 WIB.

Meski hanya sebagian, gerhana bulan pada Rabu dini hari ini tetaplah spesial. Itu karena momen gerhana bulan tersebut menjadi yang terakhir terjadi pada tahun 2019, sekaligus gerhana bulan kasatmata terakhir hingga dua tahun ke depan.

Oleh karena itu, momen gerhana bulan kali ini tidak boleh sampai dilewatkan. Jika hendak memotret gerhana bulan sebagian tahun 2019 itu, berikut ini 5 benda yang harus dibawa:

1. Kamera DSLR atau mirrorless

Tentu benda paling penting yang harus dibawa saat akan memotret gerhana bulan adalah kamera. Namun, memotret gerhana bulan dengan cahaya redup membutuhkan kamera yang mumpuni.

Jika memakai smartphone, biasanya kemampuan kamera cukup terbatas dan kurang mumpuni untuk digunakan memotret dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, memotret gerhana bulan juga butuh kemampuan zoom yang tidak dimiliki kamera smartphone.

2. Lensa tele atau zoom

Benda kedua ini masih berhubungan dengan benda pertama atau kamera. Itu karena lensa pada kamera DSLR dan mirrorless bisa diganti. Untuk memotret gerhana bulan, lensa yang tepat adalah lensa zoom atau tele.

Jika menggunakan lensa kit atau bawaan dengan panjang fokal biasanya 18-55 milimeter, maka bulan masih terlihat terlalu kecil, meski dijepret menggunakan fokal 55 milimeter.

3. Baterai kamera yang penuh

Mempersiapkan barang yang akan digunakan untuk memotret gerhana bulan hendaknya mulai dilakukan sejak petang. Satu benda penting yang harus dibawa adalah baterai sebagai sumber daya kamera.

4. Kartu memori dengan ruang yang cukup

Kartu memori berfungsi sebagai media penyimpanan pada kamera. Hasil jepretan akan disimpan di sana nantinya. Tanpa kartu memori, maka pemotretan tidak akan bisa dilakukan sehingga otomatis momen gerhana bulan akan terlewat begitu saja.

5. Tripod

Satu set kamera DSLR atau mirrorless yang lengkap dengan baterai dan kartu memori ternyata masih belum cukup. Benda kelima ini dibutuhkan oleh astrophotography, termasuk saat memotret gerhana bulan.

Jika menggunakan tripod, maka kamera bisa tetap diam selama beberapa saat. Hasil jepretan pun terhindar dari blur karena gerakan kamera.

6. Jaket

Selain perangkat fotografi, memotret gerhana bulan pada dini hari juga membutuhkan perlengkapan tambahan untuk dikenakan fotografer. Salah satu yang simpel, tetapi kerap terlupakan adalah jaket.

7. Senter

Seorang fotografer juga diharuskan untuk pergi ke tempat gelap yang bebas polusi cahaya untuk mengabadikan gerhana bulan melalui lensa kameranya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa senter.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/16/160600027/ingin-memotret-gerhana-bulan-terakhir-tahun-2019-bawa-7-benda-penting-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke