Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Pentingnya Foto dan Video Ulasan dari Penumpang saat Naik Pesawat?

Tak lama setelah gambar tersebut beredar di internet, manajemen Garuda Indonesia menyebutkan bahwa gambar surat ederan tersebut merupakan edaran internal perusahaan yang belum final dan tidak untuk publik.

Pada akhirnya, Garuda Indonesia menyempurnakan surat edaran dari larangan menjadi imbauan agar penumpang menghormati privasi penumpang lain dan awak pesawat yang sedang bertugas.

Mengambil foto dan video seringkali dilakukan oleh penumpang saat berada di pesawat. Pengamat penerbangan Alvin Lie yang mengatakan ia punya kebiasaan memotret makanan yang disajikan, kondisi toilet, dan hal hal lain di luar kelaziman baik itu hal yang baik maupun buruk.

"Hal-hal yang baik saya gunakan untuk sampaikan pujian. Hal yang kurang semestinya atau bahkan buruk, saya gunakan untuk sampaikan kritik demi perbaikan," jelas Alvin Lie dihubungi KompasTravel, Selasa (16/7/2019).

Terkait memotret penumpang lain, Alvin mengatakan memang pada etikanya ketika memotret wajah seseorang harus meminta izin. Apalagi jika diunggah ke media sosial atau untuk dipublikasikan.

"Bisa saja orang yang wajahnya terlihat, keberatan untuk diketahui bahwa yang bersangkutan pada tanggal dan jam tersebut berada di tempat atau penerbangan tertentu, atau pose tertentu. Ini menyangkut hak privasi perorangan. Sayangnya kita belum punya UU Perlindungan Hak Privasi dan Data Pribadi," jelas Alvin.

Jika sampai sebuah maskapai melarang pengambilan video atau foto dalam pesawat menurut Alvin rasanya berlebihan. Apalagi foto-foto penumpang sebenarnya dapat menjadi sarana promosi bagi sebuah maskapai.

Travel Photo Blogger yang sering mengulas fasilitas maskapai penerbangan, Wira Nurmansyah juga menyebutkan foto atau video dalam pesawat sebenarnya dapat menjadi promosi gratis sebuah maskapai dari konsumen yang puas akan pelayanan.

"Untuk yang tidak puas atau kritik juga pasti ada, tetapi ya harus diterima sebagai masukan. Kecuali jika memang punya alasan khusus untuk melarang," jelas Wira saat dihubungi KompasTravel.

Ulasan penumpang pesawat terbilang menjadi elemen penting yang menentukan prestasi maskapai.

Penghargaan bergengsi di dunia maskapai seperti World Airline Awards dari Skytrax mengandalkan ulasan para penumpang pesawat dari berbagai latar kewarganegaraan untuk memberi peringkat pada maskapai terbaik dunia.

Tak hanya itu, ulasan penumpang baik itu positif maupun negatif juga menjadi data dasar dari platform tata niaga perjalanan untuk menyediakan sistem dan informasi yang lebih baik pada industri pariwisata.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/16/211300727/apa-pentingnya-foto-dan-video-ulasan-dari-penumpang-saat-naik-pesawat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke