Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suhu Lembang seperti Luar Negeri, Ini 8 Tempat Wisata Sekitar Lembang

BANDUNG, KOMPAS.com - Beberapa hari ini suhu udara di Bandung terbilang cukup ekstrem. Di Kota Bandung, suhu udara sempat menyentuh angka 15,4 derajat Celcius. Sementara itu, di bagian utara Bandung yakni kawasan Lembang, suhu udara tercatat mencapai 13 derajat Celcius.

Suhu yang sejuk tersebut mengingatkan akan Bandung dahulu kala. Berwisata ke Lembang, Bandung akhir pekan ini dapat menjadi pilihan untuk merasakan sensasi Bandung zaman dulu atau justru suhu sejuk ala luar negeri.

Berikut adalah delapan tempat wisata di sekitar Bandung:

1. Farm House Lembang

Farm House menawarkan arsitektur Eropa tempo dulu. Farm House terletak di Jalan Raya Lembang 108, Cihideung, Bandung Barat. Letaknya di sebelah kanan dari arah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Harga tiket masuk Farm House sekitar Rp 20.000. Tiket dapat ditukar dengan segelas susu murni dengan tiga pilihan rasa yaitu cokelat, vanila, dan stroberi.

Konsep Farm House sejatinya memang dibuat untuk tempat berfoto. Ada banyak sekali spot berfoto menarik di sini.

2. The Lodge Maribaya

Pernahkah Anda melihat foto seseorang berayun di ketinggian, dengan latar belakang hutan lebat di bagian bawahnya? Bisa jadi itulah spot foto favorit di The Lodge Maribaya. The Lodge Maribaya adalah destinasi wisata alam yang terletak di Maribaya, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Ini adalah salah satu obyek wisata "kekinian" terutama di kalangan kaum milenial. Disebut kekinian karena daya tarik utamanya adalah pemandangan alam pegunungan, sehingga sangat Instagenic.

Apalagi ada dua spot foto utama di The Lodge yakni Sky Tree dan Mountain Swing. Hamparan bukit yang menjadi latar pemandangan The Lodge membentang hingga kawasan Bojongkoneng di Kota Bandung, hingga Cimenyan di Kabupaten Bandung.

3. Kota Mini

Sebuah tempat rekreasi baru bertema edukatif kini telah hadir. Adalah Kota Mini Lembang, sebuah tempat wisata yang terletak sekawasan dengan Floating Market Lembang.

Lokasinya di sebelah selatan area Floating Market, tepat di samping Hijab Swimming Pool. Sesuai namanya, destinasi wisata itu menampilkan deretan bangunan tematik berbentuk minimalis. Di lokasi ini, anak-anak bisa melakoni berbagai profesi dengan berbagai alat peraga yang nampak seperti asli.

4. Dusun Bambu

Dusun Bambu yang terletak tidak begitu jauh dari Lembang tepatnya di Jalan Komando, Kampung Cijanggel, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Dusun Bambu mengusung konsep green architecture dengan mengedepankan konsep reduce, reuse, dan recycle. Bangunan di sana hampir 50 persen lebih materialnya menggunakan menggunakan bahan-bahan sisa dan bekas.

Di Dusun Bambu pengunjung dapat bersantap di atas pohon dalam sarang burung sambil melihat pemandangan, mengenal budaya Sunda, dan lebih dekat dengan alam.

5. Floating Market Lembang

Salah satu tempat wisata yang terletak Jalan Grand Hotel No. 33 E, Lembang, Bandung Barat. . Setiap transaksi di dalam kawasan ini menggunakan koin yang bisa dibeli terpisah, termasuk transaksi pembelian tiket wahana dan makanan. Konsep floating market adalah bermain di tengah danau dengan latar pegunungan.

6. Observatorium Bosscha

Bosscha adalah tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia yang masih berfungsi sampai saat ini. Selain menjadi wisata sejarha juga dapat menjadi wisata edukasi bagi anak-anak.

Program kunjungan siang (bukan peneropongan bintang) dan kunjungan malam untuk peneropongan bintang, dengan catatan langit cerah, tidak mendung, dam tidak berkabut.

7. Rainbow Garden

Wisata menikmati pemandangan taman warna-warni yang ciamik dan cocok untuk diabadikan di foto. Rainbow Garden terletak tak jauh dari Floating Market. Selain berfoto di anjungan foto yang telah disediakan, pengunjung juga dapat membeli tanaman di Rainbow Garden,

8. Hobbitton Lembang

Dikenal juga sebagai Kampung Hobbit, lantaran bangunan di tempat wisata ini menyusung konsep rumah Hobbit seperti di film The Hobbit.

Mulai dari tempat tidur, kamar mandi, meja makan semua serba mini menyesuaikan bangsa kerdil Hobbit dalam karya fiksi Tolkien. Hobbitton berada di kawasan yang sama dengan Farmhouse.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/17/140325627/suhu-lembang-seperti-luar-negeri-ini-8-tempat-wisata-sekitar-lembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke