Salin Artikel

Program Pelestarian Lingkungan Jadi Daya Pikat Festival Bunaken 2019

KOMPAS.com - Festival Pesona Bunaken yang hadir setiap tahun menjadi keunggulan tersendiri bagi Pulau Bunaken untuk menarik wisatawan datang.

Ketua Tim Kurator Calendar of Event (CoE) Kemenpar Don Kardono mengatakan Festival Bunaken merupakan acara yang bukan hanya fokus pada atraksi pariwisata.

"Festival ini juga turut serta beraksi melestarikan lingkungan dan hal tersebut selaras dengan program pembangunan pariwisata berkelanjutan yang tengah digaungkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)," ungkapnya melalui rilis tertulis, Sabtu (20/7/2019).

Salah satu bentuk pelestarian lingkungan di acara ini hadir lewat pelepasan anak-anak penyu alias tukik yang menandai puncak pelaksanaan Festival Pesona Bunaken 2019.

Gerakan tukik yang lucu dan menggemaskan berjuang menuju lautan menjadi sebuah hal yang menarik bagi wisatawan.

Tak hanya itu, sebelumnya ada program beach clean up yang telah dilakukan di hari pertama pelaksanaan festival.

Pengurangan sampah plastik

Festival ini juga mendorong pengurangan penggunaan plastik selama pelaksanaan festival. Lebih menariknya, seluruh program tersebut melibatkan warga dan wisatawan yang datang.

Bagi Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE Esthy Reko Astuty, program-program seperti ini semakin memperkuat Festival Pesona Bunaken.

Esthy meyakini makin kayanya program yang diberikan akan makin mengangkat festival tersebut.

"Program-program seperti ini harus dicontoh oleh daerah lainnya untuk memperkuat atraksi pariwisata mereka," paparnya.

Jika ini festival bahari, lanjut Esthy, perkuat atraksi baharinya. Jangan hanya menonjolkan budayanya saja supaya tidak monoton.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berpendapat, program pariwisata berkelanjutan seperti ini semakin meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia.

“Berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), World Economic Forum (WEF) 2017, daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 42 dari peringkat ke-50 pada 2015," ungkapnya.

Menpar Arief berpandangan, kegiatan natural maupun cultural itu harus lestari dan sustainable agar bisa menjadi sumber devisa yang tak ada hentinya.

Dengan begini tentu akan makin menyejahterakan masyarakat.

"Kemenpar akan terus mendorong festival-festival yang mengangkat isu pelestarian lingkungan seperti Festival Pesona Bunaken ini. Komitmen kami adalah menjadikan pariwisata sebagai leading sektor perekonomian masyarakat," ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenar Muh. Ricky Fauziyani mengamini ucapan Menpar.

Ia mengatakan Festival Pesona Bunaken semakin komplet.

Sebagai sebuah atraksi pariwisata yang rutin digelar, festival ini semakin kaya warna dan suguhannya lengkap.

Dari atraksi seni budaya, sport tourism hingga penanaman nilai-nilai positif dalam melestarikan lingkungan.

"Festival Pesona Bunaken ini sangat menginspirasi. Event ini semakin menegaskan Bunaken sebagai salah satu destinasi terbaik di Indonesia dengan sajian atraksi pariwisata yang lengkap," ungkap Ricky.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/20/102724127/program-pelestarian-lingkungan-jadi-daya-pikat-festival-bunaken-2019

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.