Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sosialisasikan Pariwisata Berkelanjutan, Kementerian Pariwisata Sasar Milenial

Dalam acara ini, Kompetisi Foto Indonesia Sustainable Tourism Photo Competition (ISTPC) 2019 dengan hadiah trip perjalanan ke Raja Ampat selama 5 Hari 4 Malam untuk 6 orang pemenang, juga resmi diluncurkan.

Hadir dalam acara ini adalah Valerina Daniel selaku Tenaga Ahli Menteri Pariwisata bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Wisnu Bawa Tarunajaya selaku Asdep Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga.

Selain itu, hadir juga Reza Rahmana Kaloka selaku Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Sertifikasi Kompetensi Kementerian Pariwisata, Gembong Hadiwibowo selaku Kasi Bidang Kerjasama dari Dinas Pariwisata Kota Surakarta, serta Deria Hadiwijaya selaku Kepala Progdi UPW.

Sosialisasi yang dilakukan kepada para mahasiswa mengenai pemahaman pariwisata berkelanjutan harapannya supaya para mahasiswa menjadi agen perubahan dalam bidang pariwisata.

“Fakta sejarah menunjukkan sejak tahun 1928 pergerakan pemuda yang berjuang, kemudian pada saat reformasi, anak-anak muda yang terdepan berjuang. Sehingga kali ini harapannya nanti anak-anak muda yang berjuang khususnya dalam bidang kepariwisataan,” tutur Wisnu Bawa dalam sambutannya.

Merujuk pemaparan Valerina Daniel, Pariwisata Berkelanjutan adalah tentang 3 P yakni People, Planet, dan Prosperity.

People adalah tentang unsur yang berkaitan dengan manusia, Planet berkaitan dengan lingkungan, dan Prosperity berkaitan dengan nilai ekonominya.

“Harapannya bukan sekedar jalan-jalan, tapi juga memperhatikan budaya. Pariwisata bukan sekedar bagaimana mendatangkan wisatawan. Tapi juga people, planet dan posperity,” tutur Valerina.

Gembong Hadiwibowo menyambut baik acara ini. Ia berharap dengan hadirnya sosialisasi ini bisa membuat anak muda semakin bisa mempromosikan potensi pariwisata suatu daerah.

“Tren wisata saat ini kan kebanyakan generasi milenial. Pariwisata itu sangat dekat dengan promosi. Promosi itu paling efektif dengan media sosial. Sekarang ini generasi milenial tidak ada yang tidak memiliki akun media sosial. Kalau pelatihan semacam ini diberikan kepada mereka akan bisa membantu mempromosikan potensi pariwisata di suatu daerah,” tuturnya.

Senada dengan Gembong, Deria Hadiwijawaya juga mengungkapkan harapannya, sosialisasi bisa membuat generasi milenial lebih peduli tentang alam dan pemanfaatannya dalam sektor pariwisata.

“Saya rasa dengan acara seperti ini akan menggugah para generasi milenial untuk lebih peduli dengan alam sekitar dan pelestariannya. Dan bisa memanfaatkannya kususnya di sektor pariwisata. ”

Seusai acara, Nanda, seorang mahasiswa UNS fakultas Ilmu Budaya progdi UPW mengaku menjadi lebih mengerti tentang apa itu pariwisata berkelanjutan.

“Yang semula belum mengerti jadi mengerti. Jadi paham apa makna-maknanya dan mengerti gimana cara melakukannya. Jadi semisal kalau membangun desa wisata, paham lah dasar-dasarnya,” ungkapnya.

Acara Sosialisasi Pariwisata Berkelanjutan serta peluncuran kompetisi foto IPTC 2019 adalah bagian dari rangkaian acara Indonesia Sustainable Tourism Award Festival.

Indonesia Sustainable atau yang akrab disebut Pariwisata berkelanjutan merupakan Pariwisata yang memperhitungkan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan baik untuk saat ini maupun di masa depan.

Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia merupakan turunan dari Sustainable Development Goals (SDGs) UNWTO  dengan mengambil point yang meliputi unsur 3 P, People, Planet, dan Prosperity.

Prinsip-prinsip pembangunan pariwisata berkelanjutan di Indonesia adalah Budaya, Lingkungan, dan Kesejahteraan Masyarakat Lokal yang didukung dengan Pengelolaan Destinasi yang sesuai dengan indikator-indikator pengelolaan destinasi
pariwisata berkelanjutan.

https://travel.kompas.com/read/2019/07/31/160000727/sosialisasikan-pariwisata-berkelanjutan-kementerian-pariwisata-sasar-milenial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke