Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berkunjung ke Singapura, Cicipi 5 Makanan Khasnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Singapura adalah negara dengan jumlah imigran yang sangat banyak. Imigran datang dari berbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia, Malaysia, China, Philipina dan India. Mereka menciptakan khultur budaya yang sangat beragam di negeri ini.

Selain bahasa dan kebudayaan, para imigran juga membawa makan khas mereka ke Singapura. Hal ini yang menyebabkan negara ini memiliki beragam jenis makanan khas yang menjadi ikonik Negeri Singa.

Situs Visit Singapore merangkum beberapa makanan khas Singapura yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung di negara ini.

1. Hokkien Prawn Mee

Mie ini merupakan hidangan mie goreng ini diseduh dalam stok aromatik yang terbuat dari kepala udang. Hidangan ini terdiri dari udang, cumi-cumi dan telur. Untuk mienya, kamu bisa memesan 2 jenis mie yaitu mie kuning dan ‘bee hoon’. Bisanya mie ini mengandung daging babi, tapi ada beberapa kedai yang menjual dengan daging ayam.

 2. Kaya Toast

Cemilan ini adalah teman untuk minum kopi dan teh bagi orang lokal Singapura. Roti dipanggang dan dilapisi dengan mentega dingin. Setelah itu, roti akan di beri selai yang terbuat dari campuran kelapa dan telur. Biasanya, orang lokal Singapura akan memekan roti ini dengan 2 butir telur rebus setengah matang sebagai sarapan pagi.

3. Carrot Cake

Campuran dikukus, kemudian dipotong dadu dan digoreng dengan bawang putih, telur dan lobak yang diawetkan yang disebut 'chai poh'.

4. Roti Prata

Paratha artinya ‘rata’ dalam Bahasa Hindi. Roti ini dibuat dengan mengoreng adonan yang diulur dengan ghee (mentega di India). Biasanya roti ini disajikan dengan berbagai jenis kari diantara: kari ayam, kari daging dan kari kambing.

5. Singapore Chicken Rice

Metode memasak makanan ini didapat dari Hainan yang diadaptasi oleh orang Singapura. Ayam direndam dalam air mendidih atau direbus sampai matang sepenuhnya. Sebelum direbus, ayam dimasukan terlebih dulu ke air dingin. Orang lokal percaya, metode ini dapat membuat daging menjadi empuk.

Semua jenis makanan di atas dapat kamu temukan di tempat makan lokal di Singapura yang disebut dengan nama Hawker Center. Biasanya, kamu dapat menemukan tempat ini di lantai dasar apartemen lokal Singapura.

Dengan mengeluarkan uang $2.5 - $5 SGD (Dollar Singapura), kamu bisa menikmati berbagai jenis makanan lokal ini.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/05/170700727/berkunjung-ke-singapura-cicipi-5-makanan-khasnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke