Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Cuma Disate, Ini 5 Olahan Kambing Lezat untuk Idul Adha

Tak cuma sate, sebenarnya ada banyak olahan lain untuk mengolah daging kurban khususnya daging kambing. Bukan rahasia jika mengolah daging kambing agak lebih riskan dari daging sapi.

Dengan teknik dan bumbu yang tepat, daging kambing bisa diolah menjadi lebih nikmat dari daging sapi.

Berikut ini adalah lima olahan daging kambing yang dapat menjadi inspirasi memasak saat Idul Adha:

Tongseng diyakini berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah dan kemudian menyebar ke seluruh pelosok Nusantara.

Ciri khas tongseng adalah penggunaan kuah dengan rasa kecap manis yang mendominasi. Untuk itu lezatnya kecap manis berperan cukup penting menentukan tongseng yang lezat.

Selain itu bumbu tongseng ada bawang merah, lada, jahe,lengkuas, ketumbar, serai, bawang putih, dan salam. Jangan lupakan tomat hijau dan kubis sebagai pelengkap tongseng.

Pertama olah daging kambing jadi sate, sisa jeroan dan bagian kambing lainnya. Bagian tersebut dapat diolah menjadi gulai. Air rebusan gulai bisa untuk ditumis menjadi tongseng.

Untuk membuat gulai jelas butuh air rebusan lebih banyak dari tongseng. Kemudian daun jeruk, daun kunyit, dan salam juga penting untuk meningkatkan aroma. Santan untuk membuat kuah lebih kental dan asam.

Jangan lupakan segala bumbu seperti jahe, bawang putih, kapulaga, kayu manis, cengkeh, ketumbar, kemiri, kunyit, cave merah, bawang merah dan putih, serta pekak.

Hidangan ini mirip gulai tetapi tidak ditambahkan santan atau hanya menggunakan sedikit santan. Rasanya lebih ringan dan segar dari gulai.

Termasuk jahe, cabe jawa, kunyit, adas, kapulaga, mesoyi, kemiri, dan kayu manis yang memiliki manfaat menghangatkan tubuh. Ciri lain dari gecok adalah penggunaan kelapa blendo alias kelapa sangrai.

Ini adalah olahan kambing khas dari Betawi. Gorengan kambing bukan berarti daging kambing goreng tepung, melainkan olahan daging berkuah dan berbumbu medok. Sekilas mirip gulai tetapi memiliki warna lebih merah.

Beda dengan gulai, sebelum direvus gorengan kambing harus ditumis dengan aneka bumbu dan rempah agar benar-benar meresap sampai ke daging kambing. Hidangan ini sendiri sudah sangat langka di Jakarta.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/10/150000627/tak-cuma-disate-ini-5-olahan-kambing-lezat-untuk-idul-adha

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke