Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Teknik Masak Daging Kambing Empuk dan Juicy ala Timur Tengah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengolah daging kambing khususnya dalam jumlah besar agar empuk bukan hal yang mudah. Belajar dari orang di Timur Tengah, ada beberapa teknik kuno yang dapat dipraktikkan agar daging yang dihasilkan empuk dan lengas (juicy).

Daging kambing Timur Tengah yang empuk dan lengas semakin nikmat disantap dengan aneka rempah dan sayuran pendamping. Berikut kiat mengolah daging kambing empuk layaknya orang Timur Tengah:

1. Kerajaan Ustamaniyah (Ottoman)

Teknik memasak daging lapis garam hadir pada era Mehmed II atau disebut Mehemed the Conquer pada Kerajaan Ustamaniyah.

Teknik masak ini biasa digunakan untuk memasak daging domba untuk para raja dan bangsawan. Caranya daging yang telah dimarinasi bumbu dibungkus dengan kertas alumunium, kemudian dilapisi garam kasar yang juga dicampur lempung atau tanah liat.

Panggang selama 24 jam di oven, proses panggang ini berhasil membuat daging menjadi sangat lembut dan lengas. Hingga daging mudah dilepas dari bagian tulang.

2. Kapadokya, Turki

Cara memasak tradisional orang Kapadokya adalah menggunaka guci tembikar dengan mulut guci yang kecil. Nama masakan ini adalah pottery kebab atau kebab tembikar. Lantaran area Kapadokya merupakan penghasil tanah liat dengan kualitas wahid.

Caranya dengan memasukan daging yang sudah dimarinasi dengan bumbu dan rempah, biasanya daging domba atau kambing ke tembikar. Mulut tembikar lantas ditutup dengan kertas alumunium atau lempung tanah liat, kemudian tembikar tersebut dibakar di bara api besar. Ketika disajikan, tembikar biasanya akan dirusak atau dipecahkan.

3. Suku Badawi (Bedouin), Arab

Suku pengembara di Jazirah Arab ini punya cara unik untuk memasak daging, yakni dengan memanfaatkan alam yakni lubang pasir dan batu sebagai penghantar panas.

Daging dimarinasi bumbu dan rempah kemudian dibungkus dengan daun kurma. Kemudian dikubur di lubang pasir dan diatas pasir kubur diberi batu dan dibakar dengan bara kayu selama lima sampai enam jam. Sebenarnya cara ini hampir mirip dengan bakar batu di Papua.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/12/200700127/3-teknik-masak-daging-kambing-empuk-dan-juicy-ala-timur-tengah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke